OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS SWOT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN STRATEGI BISNIS UNTUK MENGANTISIPASI LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA PERUSAHAAN PUPUK CV. ADI JAYA MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | GEMA DESMANTO |
Student's ID (NPK) | K.2000.1.24823 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN STRATEGI |
Keyword | SWOT |
Page(s) | 127 |
Submit Date | 18-09-2007 |
Lecture(s) |
Drs. ANANG AMIR KUSNANTO MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
CV. Adi Jaya Malang merupakan Perusahaan yang berlokasi di jalan Pandesari Pujon-Malang dan didirikan oleh Bapak H. Abd. Rahman. sekaligus sebagai pimpinan perusahaan. Rumusan permasalahan penelitian sebagai berikut, “Analisis SWOT Sebagai Alat Perencanaan Strategi Bisnis Untuk Mengantisipasi Lingkungan Eksternal Dan Internal.?”. Tujuan dan kegunaan penelitian dimaksudkan untuk memberikan arah pada peneliti dalam penyelesaian penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan serta peluang-peluang yang dimiliki oleh perusahaan serta seberapa besar tantangan yang berasal dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sesuatu yang tengah berlangsung pada saat riset dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan lingkungan CV. Adi Jaya Malang dan untuk menetapkan manajemen strategi yang sesuai bagi CV. Adi Jaya Malang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis IFAS, Analisis EFAS, Analisis SWOT , Matriks IE dan Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis IFAS skor total skor total 2,54 dan EFAS skor totalnya 2,65. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan harus dipertahankan dan ditingkatkan kinerjanya. Ini merupakan Posisi yang baik kuat, sehingga perlu dilindungi. Beberapa faktor eksternal dan internal yang dipertimbangkan dalam Matriks Internal_Eksternal, Skor total ( 2,54 ; 2,65 ), maka posisi perusahaan termasuk kuat, hal ini ditunjukan bahwa angka koordinat diatas angka rata-rata sehingga mendukung kebijaksanaan yang agresif untuk mencapai pertumbuhan, baik dalam jumlah penjualan, asset, profit atau kombinasi dari ketiganya. Kata kunci : Berdasarkan hasil analisis Matriks QSPM perusahaan menetapkan strategi pengembangan pasar untuk menarik konsumen baru. Selain itu perusahaan harus meningkatkan kualitas produk yang sudah ada atau paling tidak mempertahankan kualitas tersebut serta meningkatkan promosi yang kurang dilakukan untuk memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan perusahaan.10.3.137.102