Date: 25-04-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

”ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA BRI SYARIAH BALIKPAPAN”.

Thesis Detail
Author MUHAMMAD REZA
Student's ID (NPK) K.2003.1.27773 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KUALITAS JASA
Page(s) 167
Submit Date 24-09-2007
Lecture(s) Dra. INDARTI MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dimensikualitas jasa (kehandalan, tanggapan, assurance, empati, tangibel) secara bersamasama terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BRI Syariah Balikpapanserta untuk mengetahui diantara dimensi kualitas jasa (kehandalan, tanggapan,assurance, empati, tangibel) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BRI Syariah Balikpapan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakanjasa Bank BRI Syariah Balikpapan yang diketahui bahwa jumlah nasabah sampaidengan bulan April 2007 adalah sebanyak 1.260 nasabah. Jumlah sampel denganmenggunakan rumus Slovin ditentukan sebanyak 93 responden. Teknik pengambilansampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis regresi berganda dan uji Fdiketahui nilai F hitung (48,067) lebih besar dari nilai F tabel (2,37) dan nilai Sig Fyang dihasilkan sebesar 0,000 di bawah nilai signifikan 0,05 yang berarti bahwapeubah-peubah Kehandalan (X1), Tanggapan (X2), Assurance (X3), Empati (X4) danTangibel (X5) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadapKeputusan Menabung (Y) pada BRI Syariah Balikpapan. Nilai R square sebesar 0,734 menunjukkan bahwa Keputusan Menabung (Y) pada BRI Syariah Balikpapandipengaruhi oleh peubah-peubah Kehandalan (X1), Tanggapan (X2), Assurance (X3),Empati (X4) dan Tangibel (X5) sebesar 73,4% dan sisanya sebesar 26,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa peubah-peubah Kehandalan (X1), Tanggapan (X2),Assurance (X3), Empati (X

 

18.118.151.13