OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ELEKTRONIK DI PT. COLUMBINDO PERDANA MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | ADHI PRADANA |
Student's ID (NPK) | K.2002.1.27620 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PERILAKU KONSUMEN |
Page(s) | 115 |
Submit Date | 24-09-2007 |
Lecture(s) |
IRAWAN BUDI PRASETYO SE, MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Obyek dalam penelitian adalah PT. Columbindo Perdana–Malang, yaitu yangbergerak di bidang penjualan produk elektronik dan furniture, yang berlokasi di Jl.Kyai Tamin No. 9-11 Malang, telp. (0341) 366050, dan (0341) 327050.Masalah yang dialami oleh PT. Columbindo Perdana Malang saat inidiantaranya adalah semakin menurunnya jumlah konsumen yang melakukan transaksidi PT. Columbindo Perdana Malang. Konsep perilaku konsumen terdiri dari kelassosial, kelompok referensi, keluarga, sikap, motivasi dan pengamatan.Responden dalam penelitian adalah masyarakat Malang pada khususnya yangmelakukan transaksi pembelian untuk Bulan April 2007 sebanyak 122 orang danmenggunakan rumus slovin hanya 55 orang yang dijadikan sampel.Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistikdengan menggunakan program SPSS. Untuk menguji hipotesis I, alat analisis yangdipergunakan adalah korelasi berganda. Hipotesis I yang dimaksud adalah variabelkelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), keluarga (X3), variabel sikap(X4), variabel motivasi (X5) dan variabel pengamatan (X6) secara serempakmempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna terhadap keputusan konsumen(Y). Sedangkan untuk menguji hipotesis II, alat analisis yang dipergunakan adalahregresi linier berganda dan korelasi parsial. Hipotesis II yang dimaksud adalahvariabel keluarga (X3) mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadapkeputusan konsumen (Y).Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi bergandamenyatakan variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabelkeluarga (X3), variabel sikap (X4), variabel motivasi (X5) dan variabel pengamatan(X6) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermaknaterhadap variabel keputusan konsumen (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi,yaitu (Multiple R) 0,818 dengan uji F hitung sebesar 16,612 > F tabel sebesar 2,34,maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama dapatdibuktikan kebenarannya. Alasan mengapa keenam variabel di atas dipilih sebagaivariabel bebas tak lain, karena berdasarkan observasi peneliti keenam variabeltersebut memang mempunyai dampak yang berarti dalam hal pengambilan keputusanpembelian produk elektronik di PT. Columbindo Perdana Malang.Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linier bergandadan korelasi parsial, menyatakan bahwa variabel keluarga (X3) mempunyai hubungandan pengaruh dominan terhadap variabel keputusan konsumen (Y), yang berartibahwa keluarga mampu menjelaskan hubungan dan pengaruhnya terhadap keputusankonsumen. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisien korelasi parsial darivariabel keluarga (X3) paling besar dibandingkan variabel lainnya, yaitu sebesar0,292 dengan uji t hitung sebesar 5,815 > t tabel sebesar 1,684. Jadi variabel keluarga(X3) yang berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan konsumen (Y), makakeputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis kedua dapat dibuktikankebenarannya. Alasan lain variabel keluarga (X3) yang dominan mempengaruhivariabel keputusan konsumen (Y), karena bagaimanapun situasi d18.191.44.139