Date: 25-04-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN LABA PADA PT MULYA GRAHA MALANG BERDASARKAN PENYUSUNAN ANGGARAN OPERASIONAL YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

Thesis Detail
Author HARI SAKTIAWAN
Student's ID (NPK) A.2003.1.28635 (AKUNTANSI)
Subject BUDGETING
Keyword ANGGARAN OPERASIONAL, ANGGARAN PENJUALAN, ANGGARAN PRODUKSI
Page(s) 87
Submit Date 24-09-2007
Lecture(s) FETY HERMAWATI WERDYANINGTYAS SE, M.Si


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Banyak perusahaan yang tidak dapat merencanakan dan mengendalikan laba secara efektif karena ketidakmampuan manajemen perusahaan dalam menyusun anggaran operasional. Sehingga penyusunan anggaran operasional hanya didasarkan pada dugaan manajemen saja, tanpa adanya dasar perhitungan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menyusun proses penyusunan anggaran operasional dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyusunan anggaran operasional tersebut serta kaitannya dengan perencanaan dan pengendalian laba. Selain itu, juga untuk mengetahui ada atau tidaknya penyimpangan prosedur penyusunan anggaran serta anggaran operasional yang diterapkan oleh perusahaan sebagai alat untuk merencanakan dan mengendalikan laba. Alat analisis yang digunakan meliputi meramalkan anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, anggaran tenaga kerja,langsung dan anggaran biaya overhead, anggaran biaya administrasi dan umum, serta anggaran biaya penjualan dan pemasaran, yang selanjutnya akan digunakan untuk menyusun anggaran operasional yang terintegrasi untuk mendapatkan informasi yang tepat dalam rangka untuk merencanakan proyeksi laba yang diinginkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggaran operasional untuk Tahun 2007, penjualan yang dianggarkan adalahRp. 8.499.998.000,00 dengan harga pokok penjualan sebesar Rp.4.965.327.040,00 dan biaya operasional sebesar Rp. 1.630.777.300,00 yang terdiri atas biaya administrasi dan umum sebesar Rp. 1.117.279.500,00 serta biaya pemasaran dan penjualan sebesar Rp. 513.497.800,00. Sehingga laba yang dianggarkan adalah sebesar Rp. 1.903.893.660,00 atau 22,4% dari nilai penjualan

 

3.143.7.5