OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Thesis Detail | |
---|---|
Author | RIO LEONARDUS |
Student's ID (NPK) | K.2002.1.26945 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PERILAKU KONSUMEN |
Page(s) | 80 |
Submit Date | 24-09-2007 |
Lecture(s) |
Drs. HARIYANTO M.Si |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSIFAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN KERTASARI MALANGDari teori yang ada, terdapat tiga konsep, yaitu faktor-faktor perilaku konsumen eksternal, faktor-faktor perilaku konsumen internal dan konsep keputusan pembelian. Konsep perilaku konsumen terdiri dari kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, motivasi dan pengamatan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rumah Makan Kertasari Malang dari bulan Maret 2007, yaitu sebesar 75 responden.Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS. Untuk menguji hipotesis I, alat analisis yang dipergunakan adalah korelasi berganda. Hipotesis I yang dimaksud adalah diduga terdapat hubungan yang signifikan antara variabel faktor-faktor perilaku konsumen (internal dan eksternal), yakni kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga (X3), motivasi (X4) dan pengamatan (X5) secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian produk dan jasa Rumah Makan Kertasari Malang (Y). Sedangkan untuk menguji hipotesis II, alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linier berganda dan korelasi parsial. Hipotesis II yang dimaksud adalah diduga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel faktor-faktor perilaku konsumen (internal dan eksternal), yakni kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), keluarga (X3), motivasi (X4) dan pengamatan (X5) secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian produk dan jasa Rumah Makan Kertasari Malang (Y).Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabel keluarga (X3), variabel motivasi (X4) dan variabel pengamatan (X5) secara simultan mempunyai hubungan yang bermakna terhadap variabel keputusan pembelian produk dan jasa Rumah Makan Kertasari Malang (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu3.144.139.201