OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
MENETAPKAN STRATEGI UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA PERUSAHAAN KONVEKSI ZAIDAH BORDIR BANGIL
Thesis Detail | |
---|---|
Author | MUKHAMAD FITRI |
Student's ID (NPK) | K.2003.1.28389 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN STRATEGI |
Keyword | PERENCANAAN SRATEGI |
Page(s) | 105 |
Submit Date | 21-02-2008 |
Lecture(s) |
Drs. GATOT SUJONO MA |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Perusahaan konveksi Zaidah Bordir Bangil sebagai salah satu perusahaan diBangil yang menghasilkan produk bordir yaitu mukena dan busana muslim (wanita)menghadapi masalah yaitu konsumen yang semakin selektif dan persaingan antarperusahaan konveksi khusus bordir di Bangil, apalagi sejak dicanangkan “BANGILKOTA BORDIR” sejak tahun 2006 yang lalu. Hampir diseluruh wilayah Bangilterdapat usaha konveksi bordir, seperti busana muslim (pria, wanita) baik untukanak-anak maupun dewasa, mukena, baju ihram dan sebagainya, sehingga kota Bangildijadikan sentra bordir di Jawa Timur. Persaingan akan mengancam keberadaanZaidah Bordir jika tidak memiliki strategi yang tepat dalam memasarkanproduk-produknya, karena terdapat kecenderungan konsumen yang semakin selektifdalam memilih produk yang diinginkan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman danpeluang perusahaan dan untuk menetapkan strategi (dengan analisis Strenght,Weakness, Opportunity, Threath/ SWOT) agar dapat mengembangkan usahaperusahaan.Metode analisis yang digunakan adalah analisis internal perusahaan (sumberdaya manusia dan pemasaran), analisis eksternal (ekonomi, pemerintah, budaya,pesaing pemasok dan pelanggan ) dan analisis SWOT.Dari hasil analisis dapat diidentifikasi kekuatan Zaidah Bordir yaitu memilikikaryawan yang terampil, harga kompetitif, lokasi strategis, saluran distribusi memadai,dan target produksi tercapai. Kelemahannya adalah hanya memproduksi mukena danbusana muslim wanita, aktivitas promosi terbatas, daerah pemasaran terbatas dantarget penjualan tidak tercapai. Peluang Zaidah Bordir yaitu kondisi ekonomi yangsudah mulai membaik, adanya kebudayaan atau tradisi ‘berbusana baru’, dukunganpemerintah tentang promosi produk dan permodalan, pemasok bahan baku cukuptersedia dan memiliki pelanggan tetap yang potensial. Ancaman yang dihadapidiantaranya adanya pesaing yang sangat potensial dan mampu menghasilkan produkyang sama dan adanya kebijakan pemerintah tentang kenaikan tarif dasar listrik (TDL)yang menyebabkan tingginya biaya operasi.Dari analisis SWOT, strategi yang dapat direkomendasikan adalah menambahjenis produk (baju koko), meningkatkan jumlah produk dan penjualan, meningkatkanefisiensi biaya produksi, memperluas daerah pemasaran.Dari hasil analisis tersebut, maka produksi baju Koko hendaknya segera direalisasi dan diiklan melalui radio dan koran, mengadakan kerja sama dengan instansiatau organisasi, mengikuti pameran dan meningkatkan efisiensi biaya produksi denganmelakukan penghematan penggunaan tenaga listrik, dan meningkatkan pengawasanterhadap pengeluaran biaya agar tidak terjadi pemborosan biaya produksi.18.191.245.229