Date: 14-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS HUBUNGAN DIMENSI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA PADA TOKO MAJU MALANG

Thesis Detail
Author TAN, FERRY GUNAWAN
Student's ID (NPK) K.2004.1.28716 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KEPUASAN KONSUMEN
Page(s) 124
Submit Date 21-02-2008
Lecture(s) Dra. DWI DANESTY DECCASARI MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSIDalam menjalankan kehidupannya, manusia memiliki berbagai macamkebutuhan, baik itu kebuuhan material atau jasa. Dengan adanya kebutuhantersebut,maka setiap manusia akan berusaha untuk memperoleh dan menggunakankebutuhan itu sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Pada dasarnya produkprodukyang ditawarkan adalah untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen,jadi seseorang dalam melakukan suatu pembelian bukan hanya sekedar membelibarang atau jasa tersebut, melainkan mereka dapat mempergunakan sebagai alat untukmemuaskan kebutuhan dan keinginannya.Dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi, sepeda sekarangmenjadi tren dari anak kecil sampai orang dewasa. Model yang ditawarkan bermacammacamdari warna, spesifikasi, dan juga harganya. Dan sepeda juga bisa menjadi salahsatu kendaraan alternatif untuk mengantisipasi dari kenaikan harga BBM yangdirencanakan pemerintah selanjutnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana variabelvariabelyang ada di dalam dimensi pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumensepeda pada Toko Maju Malang.Dari penelitian ini diambil lima peubah bebas yaitu tangible(X1),reliability(X2), responsiveness(X3), assurance(X4), dan empathy(X5) sedangkanpeubah terikatnya adalah kepuasan konsumen(Y). Berdasarkan hasil perhitungananalisis regresi linier bergandan maupun sederhana dapat diketahui bahwa peubahpeubahbebas tersebut tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubahterikat. Hal ini dapat dilihat dari nilai F-hitung(2,056) < F-tabel(2,62) yang berarti Honyaditerima dan Ha-nya ditolak. Sedangkan secara parsial, kelima peubah tersebutjuga tidak signifikan. Nilai t-hitung secara berturut-turut adalah X1(0,639), X2(1,312),X3(1,073), X4(-1,583), X5(1,797). Karena nilai t-hitung(X1, X2, X3, X4, X5) < ttabel(2,064) membuktikan bahwa Ho-nya diterima dan Ha-nya ditolak. Artinya padahipotesis II yang menduga bahwa peubah tangible(X1) mempunyai pengaruh palingdominan terhadap kepuasan konsumen, tidak terbukti. Dari hasil analisis regresitersebut dapat ditunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,300yang berarti kontribusi dari kelima peubah bebas terhadap peubah terikat adalahsebesar 30%.Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa peubah empathy adalah peubahyang paling mendekati nilai signifikan. Berarti pemilik Toko Maju ini hendaknyalebih memperhatikan peubah empathy dalam melayani konsumen yang datang

 

3.17.80.220