Date: 31-05-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENABUNG MELALUI PENDEKATAN MARKET STIMULUS UNTUK MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH DI BTN SYARIAH SURABAYA

Thesis Detail
Author JAKA EKA PARSETIYONO
Student's ID (NPK) K.2003.1.27971 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MARKET STIMULUS, KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK
Page(s) 148
Submit Date 18-03-2008
Lecture(s) IMAMA ZUCHROH B.Sc, M.Com


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang, masing-masing perusahaan berlomba-lombauntuk dapat memenangkan persaingan. Melihat kenyataan ini, organisasi bisnissenantiasa berupaya untuk dapat memenuhi segala kebutuhan yang diinginkan secaraoptimal dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku individu,melalui pendekatan market stimulus atau rangsangan pemasaran, seperti pemasaranyang dilakukan lembaga perbankan syariah, termasuk bank Bank Tabungan Negara(BTN) Syariah, seiring dengan potensi pasar yang besar sebagai peluang bagi pihakbank dalam pemasaran produk jasa perbankan yang islami.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daripenggunaan pendekatan market stimulus yang dilakukan oleh manajemen bank BTNSyariah cabang Surabaya, terhadap perilaku nasabah untuk menggunakan jasalembaga perbankan tersebut, dan bertujuan mengetahui peubah dari pendekatanmarket stimulus yang dilakukan oleh manajemen bank BTN Syariah cabangSurabaya, yang mempunyai pengaruh paling besar (dominan) terhadap perilakunasabah untuk menggunakan jasa lembaga perbankan tersebut.Berdasarkan hasil analisis terhadap sejumlah responden guna pembuktian atashipotesis-hipotesis yang diajukan dalam penelitian, diketahui bahwa terhadaphipotesis pertama yang menduga bahwa peubah pengaruh yang signifikan antarapeubah produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), dan buktifisik (X6) secara simultan terhadap keputusan menjadi nasabah bank (Y) adalahterbukti, seperti yang ditunjukkan dari besarnya koefisien regresi berganda (R²) yangdihasilkan sebesar 0,951 dengan F hitung (361,263) yang lebih besar dari F tabel(2,21) sehingga keputusan terhadap Ho ditolak, dengan besarnya pengaruh daripeubah-peubah bebas terhadap peubah terikat sebesar 95,10% sedangkan sisanya4,90% karena dipengaruhi oleh peubah bebas di luar peubah bebas yang diteliti.Demikian halnya terhadap hipotesis kedua, yang menduga bahwa peubah produk(X1) merupakan peubah yang mempunyai pengaruh terbesar (dominan) terhadapkeputusan menjadi nasabah bank (Y) dibandingkan dengan peubah produk (X1),harga (X2), promosi (X3), tempat (X3), orang (X5), dan bukti fisik (X6) jugaterbukti, seperti yang ditunjukkan dengan besarnya koefisien korelasi dan regresipeubah assurance (X4) sebesar (b1= 0,353) dengan t hitung (6,434) lebih besar dari ttabel (1,658), merupakan koefisien regresi terbesar, jika dibandingkan koefisien daripeubah-peubah bebas lainnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, terhadaphipotesis-hipotesis yang diajukan secara empiris telah terbukti, sehingga tujuan daripenelitian ini telah dapat dicapai sesuai dengan rumusan permasalahannya.

 

10.3.204.45