OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK SEPEDA MOTOR HONDA (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | CHRISTIAN ANTONO |
Student's ID (NPK) | K.2003.1.28138 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PERILAKU KONSUMEN |
Page(s) | 103 |
Submit Date | 18-03-2008 |
Lecture(s) |
Drs. SUPRIYANTO MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSILoyalitas merek (brand loyalty) dapat dibentuk dengan adanya kepercayaankonsumen terhadap merek, sehingga konsumen akan bersikap positif terhadapmerek, dalam arti mendukung keberadaan merek disertai dengan pembelian.Namun, tidak selalu tindakan pembelian yang dilakukan konsumen, dapatmembuat konsumen tersebut masuk kedalam kategori konsumen yang loyal.Loyalitas mengandung aspek kesukaan terhadap merek dan produk, bukan hanyapembelian berulang-ulang tanpa menyertakan aspek perasaan dan pemilikandidalamnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepercayaankonsumen (kepercayan atribut-objek, kepercayaan manfaat-atribut, kepercayaanmanfaat-objek) secara simultan terhadap loyalitas merek, untuk mengetahuiapakah ada pengaruh kepercayaan konsumen (kepercayan atribut-objek,kepercayaan manfaat-atribut, kepercayaan manfaat-objek) secara parsial terhadaployalitas merek dan untuk mengetahui variabel kepercayaan konsumen(kepercayan atribut-objek, kepercayaan manfaat-atribut, kepercayaan manfaatobjek)manakah yang dominan terhadap loyalitas merek.Hasil – hasil penelitian, setelah diadakan pengujian terhadap Kepercayanatribut-objek (X1), Kepercayaan manfaat-atribut (X2), Kepercayaan manfaatobjek(X3), secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yangsignifikan terhadap terhadap Loyalitas Merk. Hal ini dapat nilai F hitung sebesar36,620 sedangkan F tabel sebesar 2,17 pada tingkat signifikan 5%. Berdasarkanhal tersebut karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel berarti Kepercayanatribut-objek (X1), Kepercayaan manfaat-atribut (X2), Kepercayaan manfaatobjek(X3), secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap LoyalitasMerk (Y). Dari hasil R= 0,731 dapat dikatakan peubah Kepercayan atribut-objek(X1), Kepercayaan manfaat-atribut (X2), Kepercayaan manfaat-objek (X3), secarabersama-sama mempunyai hubungan yang kuat terhadap Loyalitas Merk (Y).Sedangkan 46,6% perubahan loyalitas merk disebabkan oleh peubah lain yangtidak termasuk model dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepercayan atribut-objek (X1),Kepercayaan manfaat-atribut (X2), Kepercayaan manfaat-objek (X3), secaraparsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merk (Y) karena nilaimasing-masing t hitung peubah Kepercayan atribut-objek (X1) sebesar 4,798,Kepercayaan manfaat-atribut (X2) sebesar 5,239, Kepercayaan manfaat-objek(X3) sebesar 4,135. Karena nilai t hitung peubah bebas lebih besar dari t tabelsebesar 1,662 maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinyahipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara individu mempunyaipengaruh signifikan terhadap peubah terikat dapat diterima.Hasil pengujian penelitian menunjukan bahwa peubah kepercayaanmanfaat-atribut (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadapLoyalitas Merk (Y) karena nilai koefisien regresi peubah kepercayaan manfaatatribut(X2) mempunyai nilai koefisien regresi paling tinggi yaitu sebesar 0,334jika dibandingkan dengan peubah Kepercayan atribut-objek (X1) dengan nilaikoefisien regresi sebesar 0,286, Kepercayaan manfaat-objek (X3) dengan nilaikoefisien regresi sebesar 0,240. Sehingga keputusan terhadap Ho ditolak dan Haditerima artinya peubah kepercayaan manfaat-atribut (X2) mempunyai pengaruhpaling dominan terhadap Loyalitas Merk (Y) dapat diterima10.3.204.45