OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. SUZUKI ARDIARTHA REKSA CITRA SINGOSARI MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | GINANJAR PRANATA NUSA |
Student's ID (NPK) | K.2004.1.29173 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | BAURAN PROMOSI |
Page(s) | 124 |
Submit Date | 11-09-2008 |
Lecture(s) |
Dra. TITIEK ISMIRANTI HS. |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. SUZUKI ARDIARTHA REKSA CITRA SINGOSARI MALANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan dan pengaruhdari bauran promosi yang meliputi iklan (advertising), penjualan personal (personalselling), hubungan masyarakat (public relation), promosi penjualan (sales promotion) danpemasaran langsung (direct selling) secara simultan terhadap keputusan pembelian padaUD. Suzuki Adiartha Reksa Citra (ARC) Singosari Malang serta untuk mengetahui diantara variabel bauran promosi (iklan/advertising, penjualan personal/personal selling,hubungan masyarakat/public relation, promosi penjualan/sales promotion dan pemasaranlangsung/direct selling) yang mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadapkeputusan pembelian pada UD. Suzuki Adiartha Reksa Citra (ARC) Singosari Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukanpembelian di UD. Suzuki Adiartha Reksa Citra Singosari. Jumlah sampel ditentukansebesar 48 responden dengan teknik sampling yaitu accidental sampling. Alat analisisyang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis korelasi berganda, regresiberganda dan korelasi parsial. Hasil pengujian hipotesis I diketahui nilai F hitung (18,568) lebih besar dariF tabel (2,45) dan nilai Sig F (0,000) di bawah nilai signifikan 0,05 menunjukkan bahwapeubah-peubah Periklanan/Advertising (X1), Penjualan Personal/Personal Selling (X2),Hubungan Masyarakat/Public Relation (X3), Promosi Penjualan/Sales Promotion (X4)dan Pemasaran Langsung/Direct Marketing (X5) secara bersama-sama mempunyaihubungan dan pengaruh yang signifikan dengan Keputusan Pembelian (Y). Nilaikoefisien korelasi (R) sebesar 0,830 menunjukkan hubungan tersebut sangat erat danbersifat positif. Nilai R square sebesar 0,689 menunjukkan bahwa peubahPeriklanan/Advertising (X1), Penjualan Personal/Personal Selling (X2), HubunganMasyarakat/Public Relation (X3), Promosi Penjualan/Sales Promotion (X4) danPemasaran Langsung/Direct Marketing (X5) secara bersama-sama mempengaruhiKeputusan Pembelian (Y) sebesar 68,9% dan sebanyak 31,1% dipengaruhi oleh faktorlain diluar peubah yang diteliti. Dapat disimpulkan bahwa Periklanan/Advertising (X1),Penjualan Personal/Personal Selling (X2), Hubungan Masyarakat/Public Relation (X3),Promosi Penjualan/Sales Promotion (X4) dan Pemasaran Langsung/Direct Marketing(X5) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan denganKeputusan Pembelian (Y) pada UD. Suzuki Adiartha Reksa Citra Singosari. Makahipotesis I terbukti. Hasil pengujian hipotesis II disimpulkan bahwa peubah PenjualanPersonal/Personal Selling (X2) mempunyai hubungan dan pengaruh dominan terhadapKeputusan Pembelian (Y) pada UD. Suzuki Adiartha Reksa Citra Singosari. Hal inikarena peubah Penjualan Personal/Personal Selling (X2) mempunyai nilai koefisienregresi dan nilai koefisien korelasi parsial terbesar bila dibandingkan dengan nilaikoefisien regresi dan koefisien korelasi peubah bebas yang lain. Dengan demikianhipotesis II terbukti.10.2.64.34