Date: 15-06-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. SINAR MULIA MALANG

Thesis Detail
Author SUPRADJA, NIAN BERNADINE
Student's ID (NPK) K.2005.1.29708 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH PEMBELIAN
Page(s) 80
Submit Date 21-08-2009
Lecture(s) Drs. ZAINUL ARIFIN ,MM.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSIANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN SALURANDISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD SINAR MULIA MALANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga,promosi, dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pada UD SinarMulia Malang serta untuk mengetahui peubah yang paling dominan terhadapkeputusan pembelian pada UD Sinar Mulia Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk diUD Sinar Mulia Malang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 orangdengan menggunakan teknik accidentally sampling (sampel seadanya). Alat analisis yang digunakan untuk menguji dan menganalisis hipotesisadalah korelasi berganda dan regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujianhipotesis I diketahui diperoleh nilai F hitung sebesar 33,798 lebih besar dari nilaiF tabel 2,579 menunjukkan bahwa peubah-peubah produk (X1), harga (X2),saluran distribusi (X3), serta promosi (X4) secara bersama-sama mempunyaihubungan yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada UD SinarMulia Malang. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung masing-masing peubah bebaslebih besar daripada nilai t tabel, sehingga masing-masing peubah bebas yaituproduk (X1), harga (X2), saluran distribusi (X3), serta promosi (X4) mempunyaipengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada UD Sinar MuliaMalang. Nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,866 menunjukkan bahwapeubah-peubah mempunyai produk (X1), harga (X2), saluran distribusi (X3), danpromosi (X4) mempunyai hubungan yang sangat erat dan bersifat positif denganpeubah terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Nilai koefisien determinasi (R2)sebesar 0,750 menunjukkan bahwa peubah-peubah bebas produk (X1), harga (X2),saluran distribusi (X3), dan promosi (X4) secara bersama-sama mempengaruhipeubah terikat keputusan pembelian (Y) sebesar 75% dan sisanya sebesar 15%dipengaruhi oleh peubah bebas yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Dengan demikian hipotesis I dapat dibuktikan kebenerannya. Hasil penghujian hipotesis II dengan alat analisis regresi bergandadiketahui bahwa peubah harga (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadappeubah terikat keputusan pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan besarnyakoefisien regresi yang dihasilkan peubah harga (X2) sebesar 0,340 yangmerupakan nilai koefisien regresi terbesar dibandingkan nilai koefisien regresidari peubah-peubah bebas yang lain. Dengan demikian, hipotesis II dapatdibuktikan kebenarannya.

 

10.3.28.0