Date: 15-06-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR HARGA, KELENGKAPAN BARANG DAN SUASANA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MINI MARKET NUSA DUA KOTA BONDOWOSO

Thesis Detail
Author SAMUEL KARUNIAJAYA
Student's ID (NPK) K.2005.1.29505 (MANAJEMEN)
Subject PERILAKU KONSUMEN
Keyword PENGARUH HARGA
Page(s) 67
Submit Date 21-08-2009
Lecture(s) Drs. ZAINUL ARIFIN ,MM.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSIPENGARUH FAKTOR-FAKTOR HARGA, KELENGKAPAN BARANG DAN SUASANA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MINI MARKET NUSA DUA KOTA BONDOSOWO Semakin selektifnya konsumen dalam memilih produk serta banyaknya pilihan produk sejenis dengan berbagai merk dan keunggulan serta harga masing-masing saat ini, mengharuskan pengelola mini market untuk terus melengkapi produk atau barang yang dijual sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen serta memberikan suasana yang menyenangkan dalam berbelanja bagi konsumen. Dengan demikian, konsumen akan merasa puas kalau mendapatkan produk murah sesuai dengan kemampuannya dan kualitas yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kelengkapan barang, suasana secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Mini Market Nusa Dua Kota Bondosowo dan untuk mengetahui diantara harga, kelengkapan barang dan suasana yang paling berpengaruh pada kepuasan konsumen Mini Market Nusa Dua Kota Bondosowo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang dan membeli di Mini Market Nusa Dua Kota Bondosowo sebanyak 350 orang dan diambil sebagai sampel sebanyak 70 orang selama 5 hari penelitian. Dari hasil analisis korelasi berganda diperoleh koefisien R sebesar 0,861 dengan F hitung = 62,901 lebih besar dari F tabel = 2,74 pada probabilitas 0,000 menghasilkan keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis I yang dikemukakan dapat dibuktikan kebenarannya. Dapat disimpulkan pula bahwa besarnya sumbangan (proporsi) peubah bebas X1,X2 dan X3 terhadap peubah terikat Y yaitu sebesar sebesar 74,1% Sedangkan sisanya sebesar 25,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil analisis regresi dapat disimpulkan bahwa peubah kelengkapan barang (X2) mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien regresi 0,367 sehingga hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya. Berkaitan dengan hasil di atas, maka kebijakan harga, kelengkapan barang atau produk dan suasana mini market hendaknya lebih diperhatikan lagi oleh pengelolanya agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Mengingat mayoritas konsumen adalah perempuan, maka untuk kelengkapan produk atau barang yang dijual perlu ditingkatkan agar konsumen tidak mencari produk yang dibutuhkan ke tempat lain, seperti menyediakan bahan-bahan pembuatan kue, make up dari berbagai merk dan sebagainya.

 

10.3.28.0