Date: 15-06-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

VARIABEL-VARIABEL EKSTERN DAN INTERN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MALANG TOWN SQUARE (MATOS)

Thesis Detail
Author SELVY ANDERLO
Student's ID (NPK) K.2005.1.29524 (MANAJEMEN)
Subject PERILAKU KONSUMEN
Keyword PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Page(s) 113
Submit Date 21-08-2009
Lecture(s) Drs. IBI MULYADI ,MM.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABTRAKSI VARIABEL-VARIABEL EKSTERN DAN INTERN YANG MEMPENGARUHI PRILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MALANG TOWN SQUARE (MATOS) Konsumen bersedia melakukan transaksi/membeli barang dan jasa karenaadanya macam-macam dorongan. Dorongan tersebut dapat bersifatrasional/emosional yang termasuk dorongan rasional antara lain termasuk harga yangsesuai dengan kualitas barang atau produk yang sesuai dengan keinginan danpelayanan yang memuaskan serta mendesak kebutuhan.Untuk memahami pembuatankeputusan konsumen, terlebih dahulu harus difahami sifat-sifat keterlibatankonsumen terhadap produk. Oleh karena itu penting bagi seorang pemasar untukdapat mengetahui apa yang sebenarnya diperlukan oleh seorang konsumen sebelummemutuskan membeli suatu produk. Banyak variabel yang mempengaruhi perilakukonsumen dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk. Variabel tersebutantara lain : variabel ekstern (kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga)dan variabel intern (kepribadian, motivasi, persepsi, sikap dan belajar). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi variabel -variabelapakah yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan, untukmengidentifikasi apakah variabel motivasi, persepsi, belajar, kepribadian, sikap,kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, dan keluarga berpengaruh terhadapkeputusan konsumen berbelanja di Matos dan untuk mengidentifikasi variabelmanakah yang dominan yang mempengaruhi konsumen berbelanja di Matos. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabelmotivasi, persepsi, belajar, kepribadian, sikap, kebudayaan, kelas sosial, kelompokreferensi, dan keluarga terhadap keputusan konsumen berbelanja di Matos adalahkorelasi berganda, regresi berganda, Uji F, dan Uji t. Hasil penelitiannya adalah diketahui hipotesis pertama bahwa peubahmotivasi (X1), persepsi (X2), belajar (X3), kepribadian (X4), sikap (X5), kebudayaan(X6), kelas sosial (X7), kelompok referensi (X8) dan keluarga (X9) secara bersama-sama mempunyai peranan dalam pengambilan keputusan pembelian (Y). seperti yangditunjukkan dengan besarnya koefisien regresi berganda (multiple R) sebesar 0,426dengan besarnya f hitung adalah 12,531 yang lebih besar dari f table yaitu 1,88.sedangkan variabel secara parsial mempunyai pengaruh dalam pengambilankeputusan pembelian (Y) ada enam variabel yaitu motivasi (X1), persepsi (X2),kepribadian (X4), sikap (X5), kebudayaan (X6), dan keluarga (X9) sedangkan peubahbelajar (X3), kelas sosial (X7), kelompok referensi (X8) tidak berpengaruh terhadapkeputusan pembelian (Y) dan hipotesis kedua hipotesis ini tidak terbukti karena darikoefisien regresi berganda ternyata variabel kepribadian (X4) merupakan variabelpaling dominan terhadap keputusan pembelian (Y). Seperti yang ditunjukkan denganbesarnya koefisien regresi pada variabel kepribadian (X4) sebagai variabel bebasyang mempunyai nilai koefisien terbesar dibandingkan nilai koefisien variabel bebaslainnya, dengan nilai koefisien regresi (R) sebesar 0,337 dengan t hitung sebesar5,294 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,645. Dengan demikian keputusanterhadap Ho ditolak atau Ha diterima.

 

10.3.28.0