OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH ATRIBUT PRODUK LAMPU “PHILIPS” TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN LAMPU PHILIPS DI TOKO JAYA SAKTI PONOROGO)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | HANNY CHRISTIAN LINGGA KUSUMA |
Student's ID (NPK) | K.2007.1.30641 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | PERILAKU KONSUMEN |
Page(s) | 109 |
Submit Date | 02-03-2011 |
Lecture(s) |
Drs. TACHJUDDIN ,MM. |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI PENGARUH ATRIBUT PRODUK LAMPU “PHILIPS” TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Konsumen Lampu Philips di Toko Jaya Sakti Ponorogo) Penggunaan Lampu Phillips di berbagai tempat dan diberbagai even-event ditingkat dunia maupun di Indonesia tersebut menunjukkan bahwa Phillips telahdipercaya dan memiliki atribut produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Agarproduk tersebut terus diminati oleh konsumen maka diperlukan suatu komponenproduk yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan yang diharapkan pembeliseperti bentuk, daya tahan, warna, kemasan, merek, gambar logo, atau trade mark-nya maupun labelnya. Dengan atribut ini diharapkan konsumen tetap loyal padalampu Phillips. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk yangterdiri dari kualitas, merek, kemasan dan label Lampu Phillips terhadap loyalitaspelanggan dan untuk mengetahui peubah atribut produk yang dominan pengaruhnyaterhadap loyalitas pelanggan. Populasinya adalah pelanggan Lampu Phillips di TokoJaya Sakti Ponorogo dalam 1 minggu penelitian terdapat 3.500 pelanggan dandiambil 97 orang sebagai sampel penelitian. Alat analisis yang digunakan adalahregresi linier berganda dengan uji signifikan F dan t. Dari hasil analisis diketahui bahwa mayoritas responden berusia antara 25 –60 tahun, laki-laki dan dari semua latar belakang pendidikan (SD sampai perguruanTinggi). Dari analisis korelasi berganda diketahui R = 0,922 yang berarti kualitas,merek, kemasan dan label secara bersama-sama memiliki hubungan yang sangat eratdengan loyalitas pelanggan. Dari nilai F hitung = 130,995 dan sig. F = 0,000 berartibahwa kualitas, merek, kemasan dan label secara bersama-sama memiliki pengaruhyang signifikan dengan loyalitas pelanggan, sehingga keputusan terhadap Ho ditolakdan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis I diterima. Besarnya sumbangan(proporsi) kualitas, merek, kemasan dan label terhadap loyalitas pelanggan diketahuidari nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,851 atau 85,1% dimana peubahbebas yang lainnya sebesar 14,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutkandalam model. Secara parsial, peubah kualitas, merek, kemasan dan label memilikipengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Peubah merek memiliki pengaruhdominan terhadap loyalitas pelanggan karena memiliki koefisien regresi terbesaryaitu 0,370, dengan demikian Hipotesis II yang dikemukakan dapat diterima.Kata Kunci: kualitas, merek, kemasan dan label, loyalitas pelanggan10.1.116.84