OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET DENGAN ALFAMART DI KOMPLEK PERUMAHAN KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | RISKA DEWITA NATALIA |
Student's ID (NPK) | K.2005.1.29976 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN |
Page(s) | 154 |
Submit Date | 02-03-2011 |
Lecture(s) |
Dra. TITA BOEDI ASTUTI ,MM. |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
ABSTRAKSI Perkembangan dunia bisnis semakin maju dan pesat, sehingga perlu adanya strategi pemasaran yang efektif untuk dapat memenangkan persaingan. Meskipun karateristik toko satu dengan yang lainya meski hampir sama, dapat memiliki penjualan yang berbeda seperti Indomaret dan Alfamart yang biasanya berdampingan, memiliki karateristik toko dan strategi yang hampir sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan persepsi antara konsumen Indomaret dan konsumen Alfamart terhadap lokasi, pelayanan, kelengkapan produk yang di tawarkan, harga, promosi, dan kenyamanan berbelanja yang mempengaruhi pembelian. Berapakah besarnya perbedaan persepsi konsumen Indomaret dan konsumen Alfamart terhadap lokasi, harga, promosi, dan kenyamanan berbelanja yang mempengaruhi pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbedaan persepsi konsumen Indomaret dan Alfamart serta untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbandingan persepsi konsumen Indomaret dan Alfamart terhadap lokasi, harga, promosi, dan kenyamanan berbelanja dalam memilih tempat berbelanja. Penelitian ini dilakukan pada minimarket Indomaret dan Alfamart yang berlokasi di Komplek Perumahan Kecamatan Blimbing Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada minimarket Indomaret dan Alfamart, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus literasi sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini sebesar 98 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t berpasangan dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian setelah diadakan pengujian dengan uji-t secara parsial dari masing-masing variabel ditemukan pengaruh yang signifikan sebesar 0,000 berada dibawah level of significance yang digunakan (α =0,05) sehingga tolak Ho. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan persepsi konsumen Indomaret dan Alfamart yang cukup signifikan pada indikator kenyamanan berbelanja dan pelayanan, sedangkan pada indikator lokasi, kelengkapan produk, harga dan promosi tidak ditemukan perbedaan yang signifikan karena kedua minimarket ini memiliki fasilitas yang hampir sama setelah diadakan penelitian. Besarnya perbedaan persepsi konsumen Indomaret dan konsumen Alfamart terhadap lokasi, harga, promosi, dan pelayanan,kelengkapan poduk,kenyamanan berbelanja sebesar 0,000 yang menunjukan tolak Ho di bawah level of significance yang digunakan (α =0,05).Saran yang diberikan dalam penelitian ini diantaranya: 1. Persediaan barang pada minimarket Alfamart agar dapat disajikan lebih lengkap agar sesuai dengan kebutuhan konsumen. 2. Pelayanan pada minimarket Alfamart sebaiknya ditingkatkan, seperti keramahan pegawai dan pemberian keranjang belanja kepada konsmen seperti yang terdapat pada minimarket pesaing. 3. Minimarket Alfamart lebih memperhatikan suasana serta kenyamanan berbelanja kepada konsumen ketika berbelanja seperti yang dilakukan oleh minimarket pesaing. 4. Bagi pihak- pihak yang ingin melanjutkan penelitian berikutnya, maka dapat menambahkan variabel lain dan dapat juga melakukan penelitian terhadap minimarket lain sebagai pembanding agar dapat diketahui perbedaan persepsi konsumen terhadap masing-masing minimarket.10.1.116.84