Date: 04-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL NOKIA (STUDI PADA MAHASISWA STIE-MALANGKUÇEÇWARA MALANG)

Thesis Detail
Author IVAN MINTARJA
Student's ID (NPK) K.2007.1.30610 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ATRIBUT PRODUK, KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 95
Submit Date 04-03-2011
Lecture(s) Drs. TACHJUDDIN ,MM.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Produk sebagai salah satu bagian dari bauran pemasaran merupakan salah satuyang tidak luput untuk dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat menarik danmempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian. Pada saat ini persaingan dalamdunia produsen ponsel tidak lagi bertumpu pada harga, tetapi lebih bertumpu padaproduknya. Atribut produk (merek, labeling, garansi, dan layanan pelengkap) merupakansalah satu elemen dari produk yang memiliki “fungsi” penting yang dapat mempengaruhikeputusan pembelian seseorang terhadap suatu barang yang ditawarkan oleh produsen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan darivariable-variabel atribut produk yang terdiri dari merek, labeling, garansi, dan layananpelengkap terhadap keputusan pembelian produk ponsel Nokia, dan untuk mengetahuipengaruh secara parsial dari variable-variabel atribut produk yang terdiri dari merek,labeling, garansi, dan layanan pelengkap terhadap keputusan pembelian produk ponselNokia Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE-Malangkuçeçwara. Jumlahsampel yang ditentukan sebanyak 100 orang mahasiswa yang pernah membeli atausedang menggunakan ponsel merek Nokia. Pengambilan sampel dilakukan denganmetode purposive sampling yaitu yaitu tipe penelitian sampel yang informasinyadiperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu dengan tujuan untuk memperolehsampel yang representative. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa peubahbebas yang terdiri atas peubah Merek (X1), Labeling (X2), Garansi (X3), dan Pelayanan(X4) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y),karena nilai F hitung 58,726 lebih besar dari F table 2,467 pada tingkat signifikan 5%.Berdasarkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,844 dan determinasi berganda (R2)sebesar 0,712 berarti 71,2% Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh peubah Merek (X1),Labeling (X2), Garansi (X3), dan Pelayanan (X4) secara bersama-sama dan sisanyasebesar 28,8% atau 0,288 dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak termasuk dalampenelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa peubahbebas secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikat karena hasildari uji t, yang menunjukkan bahwa t hitung peubah Merek (X1) sebesar 5,839, Labeling(X2) sebesar 2,885, Garansi (X3) sebesar 3,171, dan Pelayanan (X4) sebesar 4,841, lebihbesar dari t tabel sebesar 1,6611, maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterimaartinya hipotesis yang menyatakan bahwa peubah bebas secara parsial mempunyaipengaruh signifikan terhadap variabel terikat dapat diterima.Kata Kunci: Atribut Produk, Keputusan Pembelian

 

10.1.116.84