Date: 04-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH ANALISIS MARKETING MIX JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENYEWA FILM DI RENTAL ATLANTIC-MALANG

Thesis Detail
Author Y. SUMANTORO HALIM
Student's ID (NPK) K.2006.1.30148 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword : PRODUK, HARGA, TEMPAT, PROMOSI, ORANG/PENYAMPAI JASA, BUKTI FISIK, PROSES DAN PELAYANAN PELANGGAN, KEPUTUSAN KONSUMEN
Page(s) 99
Submit Date 07-03-2011
Lecture(s) Dra. DWI DANESTY DECCASARI ,MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI PENGARUH ANALISIS MARKETING MIX JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENYEWA FILM DI RENTAL ATLANTIC-MALANG Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh marketing mix jasa(produk, harga, tempat, promosi, orang/penyampai jasa, bukti fisik, proses danpelayanan pelanggan) secara bersama-sama maupun parsial terhadap keputusankonsumen menyewa film di Atlantik Rental Malang dan mengetahui marketing mixjasa yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan menyewa di AtlantikRental Malang. Populasi penelitian adalah pelanggan Rental Atlantic-Malang sebanyak 1.378orang pelanggan dan diambil 93 orang sebagai sampel penelitian. Alat analisis yangdigunakan adalah korelasi berganda, regresi berganda dengan uji signifikan F dan t. Hasil analisis menyimpulkan bahwa: (1) Produk, harga, tempat, promosi,orang/penyampai jasa, bukti fisik, proses dan pelayanan pelanggan secara bersama-sama memiliki hubungan yang sangat erat dengan Keputusan Konsumen dalamMenyewa Film di Rental Atlantic-Malang karena memiliki nilai R relatif besar yaitu0,992. (2) Sumbangan peubah produk, harga, tempat, promosi, orang/penyampai jasa,bukti fisik, proses dan pelayanan pelanggan terhadap Keputusan Konsumen dalamMenyewa Film di Rental Atlantic-Malang sebesar 0,985 atau 98,5% dimana sisanyasebesar 1,5% dipengaruhi oleh peubah bebas lain yang tidak diikutkan dalampenelitian ini. (3) Hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya karena F hitung =688,166 lebih besar dari F tabel (α=0,05; df = 92) = 2,03 pada p (probabilitas) =0,000 dan thitung peubah bebas: tx1 = 6,075; tx2 = 4,525; tx3 = 5,209; tx4 = 3,632); tx5= 6,004; tx6 = 4,555; tx7 = 5,022; tx8 = 4,284 lebih besar dari ttabel 1,6616. Sehinggadisimpulkan bahwa baik secara simultan maupun parsial Produk, harga, tempat,promosi, orang/penyampai jasa, bukti fisik, proses dan pelayanan pelangganmemiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen dalam Menyewa Filmdi Rental Atlantic-Malang. (4) Peubah bauran pemasaran yang dominan pengaruhnyaterhadap Keputusan Konsumen dalam Menyewa Film di Rental Atlantic-Malang (Y)adalah produk (X1) karena memiliki koefisien regresi (bx1 = 0,188) paling besardiantara peubah bebas yang lainnya. Dengan demikian Hipotesis II dapat diterima.Pengelola Rental Atlantic hendaknya memperhatikan delapan faktor bauranpemasaran jasa ini dalam upaya meningkatkan jumlah pelanggan, karena telahterbukti memiliki pengaruh relatif besar terhadap Keputusan Konsumen dalamMenyewa Film di Rental Atlantic-Malang. Jumlah koleksi jenis film hendaknyadiperbanyak, ditambah jumlahnya dan menyediakan film-film baru yang sedangdigemari saat ini.Kata Kunci

 

10.1.116.84