OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
STUDI KELAYAKAN BISNIS TERHADAP PEMBUKAAN CABANG BARU DALAM RANGKA EKSPANSI PADA PERUSAHAAN TAHU KURMA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TAHU KURMA)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | CICILIA PUSPITASARI |
Student's ID (NPK) | A.2007.1.30757 (AKUNTANSI) |
Subject | ANGGARAN |
Keyword | BUDGET |
Page(s) | 68 |
Submit Date | 28-09-2011 |
Lecture(s) |
Dra. DARTI DJUHARNI,M.Si. |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Di dalam menghadapi kondisi yang semakin tidak menentu, setiap badan usaha yang bergerak dalam bisnis, terlepas dari usaha bisnis dan jasa harus dapat bersaing untuk mendapatkan laba yang maksimal. Selain itu dalam jangka panjang perusahaan harus mampu meningkatkan posisi usahanya di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin kompleks. Hal itu secara tidak langsung mewajibkan perusahaan untuk menyeleksi pengembangan usahanya, bukan hanya untuk memenuhi permintaan pasar saja tapi juga untuk mendayagunakan potensi dan peluang-peluang pasar yang masih dapat dimasuki. Adapun langkah-langkah yang masih bisa ditempuh perusahaan adalah dengan melaksanakan perluasan usaha (ekspansi) atau membuka usaha baru. Peluang yang cukup besar dalam pembukaan usaha baru membuat banyak perusahaan berkeinginan untuk mencoba menginvestasikan dananya dalam usaha tersebut dengan harapan perusahaan dapat memperoleh berbagai macam manfaat di kemudian hari. Sehubungan dengan hal-hal tersebut, perlu adanya analisis dari berbagai aspek tentang kelayakan usaha yang dilakukan perusahaan, apakah layak atau tidaknya rencana investasi bisnis tersebut dijalankan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang kelayakan usaha baru milik perusahaan Tahu Kurma ditinjau dari semua aspek yang terkait meliputi aspek hukum, aspek pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen, aspek sosial ekonomi, dan aspek keuangan. Selain itu juga untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh sehubungan dengan rencana penanaman investasi tersebut. Metode ini menggunakanmetode deskriptif dengan jenis studi kasus. Penelitian studi kasus ini mempunyai tujuan untuk meneliti secara detail dan meyeluruh rencana investasi yang akan dilakukan perusahaan hingga dapat dihasilkan analisis yang jelas tentang layak tidaknya investasi ekspansi usaha ditinjau dari semua aspek yang terkait, serta mengetahui seberapa besar keuntungan yang akan dilakukan oleh perusahaan atas investasi yang dilakukan. Data diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan observasi ke perusahaan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan aspek-aspek yang terkait. Dari hasil analisis kelayakan dapat disimpulkan bahwa pembangunan usaha Tahu Kurma ini layak dilaksanakan. Hal ini dilihat dari aspek hukum yaitu kelengkapan izin usaha dan izin lokasi pendirian proyek; aspek pemasaran yaitu adanya pasar yang dilayani dan strategi pemasaran yang dijalankan; aspek teknis yaitu pemilihan lokasi yang strategi, dekat dengan pasar, mendapat respon positif dari masyarakat, dan penyeleksian tenaga kerja yang kompeten dibidangnya masing-masing; aspek manajemen yaitu dengan adanya struktur organisasi yang jelas maka dapat diberitahukan secara jelas tugas dan wewenang dari masingmasing bagia; aspek sosial ekonomi yaitu memberi secara langsung manfaat sosial ekonomi baik kepada pelanggan dan masyarakat; sedangkan yang terakhir aspek keuangan yaitu ARR= 50,88%, PP= 2 tahun 4 bulan 14 hari, NPV= Rp. 397.294.053, IRR= 35,37%, dan Pi= 1,87. Selain itu, berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan atas asumsi-asumsi yang ada, pendirian Tahu Kurma dianggap mampu menghasilkan keuntungan tiap tahunnya lebih dari investasi yang telah ditanamkan oleh perusahaan.18.191.144.80