OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PENGGUNA JASA KAMAR HOTEL OLLINO GARDEN MALANG
Thesis Detail | |
---|---|
Author | ANDREW FEBRINO |
Student's ID (NPK) | K.2008.1.30896 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN PEMASARAN |
Keyword | MARKETING MANAGEMENT |
Page(s) | 139 |
Submit Date | 28-09-2011 |
Lecture(s) |
Drs. HARIYANTO,M.Si. |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Ollino Garden Hotel merupakan pendatang baru di bisnis perhotelan, dengan dukungan berbagai macam fasilitas yang dimiliki, pihak manajemen hotel berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung hotel agar para pengunjung merasa tertarik untuk mengambil keputusan menginap di hotel Ollino Garden. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara peubah bebas yaitu bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap keputusan menginap pengguna jasa kamar dan untuk mengetahui peubah bebas yang pengaruhnya dominan terhadap keputusan menginap penguna jasa kamar di hotel Ollino Garden Malang. Populasi penelitian adalah pengunjung hotel Ollino Garden Malang yaitu 679 orang pada bulan April 2011 dan diambil 68 orang sebagai sampel. Alat analisis yang digunakan adalah regresi lininer berganda dengan uji signifikan F dan uji signifikan t. Dari hasil analisis regresi disimpulkan bahwa: secara simultan bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap keputusan menginap pengguna jasa kamar di hotel Ollino Garden Malang (F hitung > F tabel). Secara parsial bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap keputusan menginap pengguna jasa kamar di hotel Ollino Garden Malang (t hitung > t tabel). Model atau persamaan regresi yang diperoleh adalah: Y = -4.664 + 0,320X1 + 0,143X2 + 0,212X3 + 0,185X4 + 0,244X5 . Artinya, jika terjadi peningkatan bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati maka akan diikuti oleh peningkatan keputusan menginap pengguna jasa kamar dan sebaliknya, jika terjadi penurunan bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati maka akan diikuti oleh penurunan keputusan menginap pengguna jasa kamar. Kualitas pelayanan dalam penelitian ini mampu mempengaruhi keputusan konsumen hingga mencapai 77.0% yang berarti kemampuan kualitas pelayanan dalam mempengaruhi keputusan menginap pengguna jasa kamar hotel mencapai 77,0% sedangkan sisanya yaitu 13% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dapat disimpulkan pula bukti langsung memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan menginap pengguna jasa kamar. Artinya, bukti langsung merupakan peubah penting dalam upaya peningkatan keputusan menginap pengguna jasa kamar jika dibandingkan dengan peubah kualitas pelayanan yang lainnya. Kata Kunci: bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, keputusan18.221.35.244