Date: 04-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN SUATU PRODUK KOSMETIK MERK ETUDE (STUDY PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MALANGKUçEçWARA)

Thesis Detail
Author YUAN FRIBRIANA
Student's ID (NPK) K.2008.1.30937 (MANAJEMEN)
Subject
Keyword PERILAKU KONSUMEN, KOSMETIK, FAKTOR PERILAKU KONSUMEN
Page(s) 105
Submit Date 30-08-2012
Lecture(s) Drs. AGUSSALIM ANDRIANSYAH,MM.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang terjadi saat ini, khususnya bagi konsumen segmen wanita, kosmetik adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Konsumen memiliki berbagai alasan untuk memilih suatu produk termasuk produk kosmetik yang akan dipakainya. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian kosmetik. Kini hal yang patut dipertanyakan adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang ada dibenak konsumen yang dapat mempengaruhi seorang konsumen dalam membuat keputusan dalam melakukan pembelian kosmetik ETUDE ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor motivasi, persepsi, kepribadian, produk, harga, dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian kosmetik ETUDE. Serta untuk mengetahui di antara faktor motivasi, persepsi, kepribadian, produk, harga, dan promosi yang berpengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian kosmetik ETUDE. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan informasi untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan produk agar konsumen dapat melakukan pembelian ulang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, artinya penelitian yang menyoroti hubungan antara peubah penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dirumuskan. Populasinya adalah mahasiswa yang masih aktif kuliah di STIE Malangkuçeçwara hingga tahun 2012, yaitu sebanyak 309 mahasiswa wanita, dan diambil responden 20% dari mahasiswa tersebut yang menggunakan produk kosmetik ETUDE sebanyak 62 orang. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor Motivasi (X1), Persepsi (X2), Kepribadian (X3), Produk (X4), Harga (X5), Promosi (X6) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik merk ETUDE. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung sebesar 22,103 dan F tabel sebesar 2,22 pada tingkat signifikan 5%, karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa 48,2% keputusan pembelian kosmetik merk ETUDE mampu dijelaskan oleh peubah Motivasi (X1), Persepsi (X2), Kepribadian (X3), Produk (X4), Harga (X5), Promosi (X6) dan 51,8% atau 0,518 disebabkan oleh peubah lain yang tidak diamati. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa peubah Produk (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Keputusan pembelian kosmetik merk ETUDE (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien regresi (B) bahwa peubah Produk (X4) mempunyai nilai koefisien regresi paling tinggi yaitu sebesar 0,187 jika dibandingkan dengan peubah Motivasi (X1) dengan nilai koefisien regresi 0,168, Persepsi (X2) dengan nilai koefisien regresi 0,119, Kepribadian (X3) dengan nilai koefisien regresi 0,186, Harga (X5) dengan nilai koefisien regresi 0,112, dan Promosi (X6) dengan nilai koefisien regresi 0,146. Karena peubah Produk (X1) mempunyai koefisien lebih tinggi dibanding peubah bebas lainnya maka keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima artinya peubah Produk (X4) berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian kosmetik merk ETUDE (Y) dapat diterima.

 

10.1.116.84