Date: 04-07-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTOR YANG MENDASARI IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. BANK RAKYAT INDONESIA, TBK (STUDI KASUS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA,TBK)

Thesis Detail
Author TABITA MARTHA CHRISTINA U.B
Student's ID (NPK) K.2008.1.30930 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword MARKETING MANAGEMENT
Page(s) 66
Submit Date 03-09-2012
Lecture(s) Drs. AGUSSALIM ANDRIANSYAH,MM.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk nyata kepedulian kalangan dunia usaha terhadap lingkungan di sekitarnya. Berbagai sektor dituju dalam kegiatan ini, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan dan bahkan sosial budaya. Saat ini, konsep dan pelaksanaan CSR makin berkembang di Indonesia. Hal ini tentu menggembirakan. Hanya saja pemahaman kalangan dunia usaha tentang konsep CSR masih beragam. Namun yang terpenting, agar masyarakat bisa merasakan hasil yang maksimal dari kegiatan CSR, maka kegiatan itu harus berkelanjutan (suistanable). Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah mengapa CSR perlu diterapkan di Indonesia, dan bagaimana peranan Perbankan dalam rangka pengimplementasian CSR di Indonesia serta apa yang menjadi hambatan dari upaya penerapan CSR pada Perbankan di Indonesia? Metode penelitian yang dipakai untuk menyusun skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu dengan jalan mengumpulkan bahan-bahan dari buku, majalah, peraturan perundang-undangan dan hasil tulisan ilmiah lainnya yang erat hubungannya dengan maksud tujuan daripada penyusunan karya ilmiah ini serta penelitian lapangan (field research), untuk melihat aplikasi dari peraturan perundang-undangan tersebut dengan mengambil lokasi penelitian pada PT. Bank Rakyat Indonesi, Tbk. kantor cabang malang, jalan kawi no. 20-22 Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CSR perlu diterapkan di Indonesia karena membawa manfaat kepada perusahaan, masyarakat, lingkungan, dan pemerintah. Baik dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan yang berkelanjutan dalam mensejahterakan seluruh komunitas. Peranan Perbankan dalam rangka pengimplementasian CSR dapat dilihat dengan berbagai program kedermawanan yang dilakukan seperti pemberian beasiswa, bantuan kepada masyarakat miskin maupun program pemberian bantuan kredit kepada perusahaan yang telah melaksanakan CSR dengan baik. Walaupun banyak hambatan yang harus dihadapi dalam upaya penerapan CSR tersebut misalnya kurangnya kesadaran para pengusaha dalam melaksanakan CSR. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR)

 

10.1.116.84