OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
ANALISIS BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. BRI CABANG MALANG (STUDI KASUS PADA KARYAWAN PT. BRI CABANG MALANG)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | ALIN PUTRI PRAMISWARI |
Student's ID (NPK) | K.2008.1.31004 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Keyword | PERSONNAL MANAGEMENT |
Page(s) | 167 |
Submit Date | 04-09-2012 |
Lecture(s) |
Drs. SAMSUL HADI,M.Si |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Abstraksi Perbankan merupakan contoh nyata penerapan budaya organisasi yang kuat mengkristal pada anggota – anggotanya dan memiliki adaptasi tinggi terhadap perubahan. Bank BRI yang dianggap merupakan bank terkemuka di Indonesia membuktikan mampu beradaptasi dengan perkembangan pasar saat ini. Peneliti melakukan penelitian dengan cara peneliti akan membagi dan memilah nilai – nilai budaya organisasi Bank BRI menjadi 3 variabel nilai budaya organisasi pada umumnya yang juga menekankan aspek pelayanan yaitu Excellent Service (Pelayanan Prima) berdasarkan nilai Integritas dan Profesionalisme, Costumer Value (Nilai bagi Pelanggan) berdasarkan nilai Kepuasan Pelanggan, dan Competent People (Orang yang Berkompeten) berdasarkan nilai Keteladanan.dan Penghargaan terhadap Sumber Daya Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mencari pengaruh langsung dan tidak langsung Organitation Culture (budaya organisasi), Excellent Service (pelayanan prima), Costumer Value (nilai bagi pelanggan), Competent People (orang yang berkompeten), Motivasi, dan Kinerja Karyawan pada Bank BRI Cabang Malang. Penelitian ini menggunakan Explanatory Research atau Penelitian Eksplanasi (berdasarkan tujuan penelitian), Penelitian kuantitatif (berdasarkan jenis data), dan dengan metode pendekatan Survey Research (Penelitian Survei). Pada penelitian ini terdapat dua macam variabel yang digunakan, yaitu variabel independen (Variabel Terpengaruh) dan variabel dependen (Variabel Pengaruh). Penelitian ini menggunakan Excellent Service (X1), Costumer Value (X2), Competent People (X3), dan variabel Motivasi Kerja (X4) sebagai variabel Independen dan variabel dependen adalah Kinerja Karyawan (Y). Penelitian ini melibatkan 40 responden yang merupakan keseluruhan jumlah karyawan pada PT. BRI Cabang Malang. Para responden diberikan daftar pertanyaan/ kuisioner yang total terdiri dari 40 item pertanyaan pilihan dan 7 item pernyataan uraian. Item – item pertanyaan dan pernyataan tersebut terkait dengan konsep budaya organisasi yang terdiri dari Excellent Service, Costumer Value, dan Competent People, konsep motivasi kinerja, serta konsep kinerja karyawan. Dan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Deskriptif, dan Analisis jalur (Path Analysis) untuk menguji hipotesis yang telah diajukan adalah antar variabel yang dihipotesiskan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dan perhitugan menggunakan SPSS 14 for Windows Kesimpulan hasil penelitian ini adalah budaya organisasi baik Excellent Service, Costumer Value, dan Competent People yang ada dalam budaya Bank BRI Cabang Malang memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan, tetapi tidak ada pengaruh antara motivasi kerja karyawan dengan peningkatan kinerja karyawan. Maka karyawan Bank BRI Cabang Malang dalam bekerja hanya terfokus pada nilai – nilai budaya organisasinya dan norma- norma perusahaan yang berlaku.10.1.116.84