OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Undergraduate Thesis
PENGGUNAAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN HONDA VARIO (CENTRATAMA MOTOR)
Thesis Detail | |
---|---|
Author | DEWI LESTARI |
Student's ID (NPK) | K.2008.1.31024 (MANAJEMEN) |
Subject | MANAJEMEN |
Keyword | ANALISIS SWOT |
Page(s) | 78 |
Submit Date | 05-09-2012 |
Lecture(s) |
Dra. DWI DANESTY DECCASARI,MM DIDIK PRIYO SUGIHARTO,SE,MM |
Download |
Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2
Abstract
Dealer Honda Centratama Motor Malang kurang tepat untuk menentukan strategi pemasaran dalam hal meningkatkan dan memperluas pangsa pasar, dimana tingkat penjualan beserta keefektifan sistem/prosedur menjadi faktor pendukung sekaligus indikator utamanya. Disini, dealer Honda Malang juga mempunyai banyak pesaing, terutama pada produk yang sama yaitu penjualan sepeda motor. Oleh karena dealer Honda Malang harus melakukan antisipasi terhadap persaingan. Maka dari itu perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang bagus agar dapat bersaing dengan pesaing-pesaing yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan Honda Vario (dealer “CENTRATAMA MOTOR”) Malang guna meningkatkan penjualan, untuk mengidentifikasikan peluang dan ancaman pada Honda Vario (dealer “CENTRATAMA MOTOR”) Malang guna meningkatkan penjualan, dan untuk merumuskan strategi pemasaran pada Honda Vario (dealer “CENTRATAMA MOTOR”) Malang guna meningkatkan penjualan. Penelitian yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi pada Manager dan staf pemasaran perusahaan jenis data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari perusahaan dan data sekunder suatu data yang diperoleh dari pihak kedua atau lebih dan data diperoleh melalui sumber atau media perantara seperti narasumber dari media elekronik dan internet. Hasilnya kemudian dianalisis dengan menggunakan Matriks IFE , Matriks EFE, Matriks IE, dan Analisis SWOT. Matriks IFE dan EFE digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Matriks IE digunakan untuk melihat posisi perusahaan dalam pangsa pasar industry. Metode SWOT berbobot dianalisis untuk memperoleh alternativ strategi pemasaran yang disusun berdasarkan analisis lingkungan eksternal dan analisis lingkungan internal. Hasil analisis membuktikan Honda “Centratama Motor” memiliki faktor internal yang baik dimana perusahaan mampu memanfaatkan kekuatan dan mengurangi kelemahan, dan faktor eksternal perusahaan mempunyai kemampuab untuk memanfaatkan peluang-peluang yang ada dan mengatasi ancaman-ancaman yang dihadapi oleh perusahaan berada pada posisi cukup baik. Posisi tersebut berada paada posisi pertahankan dan pelihara dimana strategi yang dikembangkan adalah penetrasi pasar dan pengembangan jumlah produk yang di jual. Berdasarkan hasil analisis SWOT membuktikan bahwa kekuatan internal yang ada dalam perusahaan cenderung tinggi, namun dari luar juga sangat tinggi, sehingga dealer Honda “Centratama Motor” Malang berada pada kuadran 1, dan mendukung strategi agresif yaitu dengan cara meningkatkan strategi pemasaran yang sudah ada, dan memperluas pemasaran. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan strategi pemasaran yang sudah ada, dan memperluas daerah pemasaran kedaerah-derah yang lain. Karena dengan ketidak seimbangan perekonomian saat ini, membuat daya beli masyarakat menjadi berkurang, dengan berkembangnya keinginan masyarakat, menjadi peluang bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan.10.1.116.84