Date: 21-06-2025 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PEMBELAJARAN, MOTIVASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI WAJIB PAJAK ATAS PENGENAAN PAJAK PENGHASILAN ( STUDI PADA WAJIB PAJAK PRIBADI DI KPP MALANG UTARA )

Thesis Detail
Author INAYATUL AINI
Student's ID (NPK) A.2008.1.31126 (AKUNTANSI)
Subject PERPAJAKAN
Keyword TAX
Page(s) 65
Submit Date 25-09-2012
Lecture(s) Dra. TRIANA MURTININGTYAS,Ak.,MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

ABSTRAKSI Pajak merupakan pungutan wajib guna mencapai tujuan pembangunan untuk mendapatkan penerimaan, baik yang bersifat langsung maupun tidak langsung dari masyarakat. Salah satu jenis pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat adalah pajak penghasilan. Pajak penghasilan adalah pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain yang diterima atau diperoleh wajib pajak orang pribadi dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan. Pajak penghasilan dikenakan kepada subjek pajak atas penghasilan yang diterima atau diperolehnya dalam tahun pajak. Tujuan penelitian ini mengetahui apakah Pembelajaran, Motivasi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap persepsi wajib pajak pribadi atas pengenaan pajak penghasilan, dan untuk mengetahui variabel manakah diantara Pembelajaran, Motivasi dan Kualitas Pelayanan yang secara parsial berpengaruh paling dominan terhadap persepsi wajib pajak pribadi atas pengenaan pajak penghasilan. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi (WPOP) yang terdaftar dan memiliki usaha di kota Malang Utara dan jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini adalah sebanyak 72 responden dengan teknik incidental sampling yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara incidental bertemu dengan peneliti yang dapat digunakan sebagai sampel. Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F-hitung sebesar 28,998 > nilai F-tabel sebesar 2,74, sehingga keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran (X1), motivasi (X2), kualitas pelayanan (X3) secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel terikat Persepsi wajib pajak (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung variabel pembelajaran sebesar 2,971, variabel motivasi (X2) sebesar 4,158, dan variabel Kualitas Pelayanan (X3) sebesar 3,768 lebih besar dibandingkan dengan t-tabel sebesar 1,667, sehingga keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran (X1), motivasi (X2), kualitas pelayanan (X3) secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap variabel terikat Persepsi wajib pajak (Y). Nilai R (koefisien korelasi) sebesar 0,749 artinya secara simultan variabel pembelajaran (X1), motivasi (X2), kualitas pelayanan (X3) mempunyai hubungan yang kuat terhadap persepsi wajib pajak orang pribadi. Nilai R Square sebesar 0,561, artinya 56,1% bahwa persepsi wajib pajak orang pribadi mampu dijelaskan oleh variabel pembelajaran (X1), motivasi (X2), dan kualitas pelayanan (X3) , sedangkan sebesar 43,9% dijelaskan oleh variabel selain diluar variabel yang diamati. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel motivasi wajib pajak mempunyai pengaruh dominan terhadap persepsi wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Malang Utara. Dengan menggunakan Unstandardized Coefficients terlihat bahwa variabel motivasi (X2) memiliki ilai koefisien regresi (B) lebih besar (>) jika dibandingkan koefisien regresi variabel pembelajaran (X1) dan variabel kualitas pelayanan (X3). Kata kunci : pembelajaran, motivasi, kualitas pelayanan, dan persepsi wajib pajak

 

10.1.62.67