OSREL stie-mce
Online Search and Retrieval Library
Faculty Research
ANALISIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA WARNET FLUX MALANG
Detail | |
---|---|
Author | DWI DANESTY DECCASARI |
ID | 202.710.209 |
Published Date | 01-02-2017 |
Abstract
Kemjuan zaman dan pertumbuhan perekonomian yang cukup tinggi mengakibatkan peningktan taraf hidup rakyat danjuga persaingan dalam bisnis termasuk bisnis jasa. Kebutuhan informasi yang sangt tinggi dalam kehidupan pribadi maupun organisasi yaitu karena untuk memperolah informasi dari seluruh dunia. Salah satu cara untuk memperoleh informasi tersebut yang dirasakan paling sesuai adalah internet, melalui media internet setiap orang dapat dengan mudah mengakses informasi dari belahan dunia manapun. Dalam penelitian ini, faktor internal dipilih karena dalam proses keputusan pembelian, konsumen seringkali dipengaruhi faktor kepribadian, motivasi, persepsi, gaya hidup dan sikap. Akhirnya tercipta suatu keputusan untuk mengadakan pembelian jasa Warnet. Bagi perusahaan, faktor internal memiliki arti penting dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini megetahui pengaruh secar simultan dari peubah kepribadian, motivasi, persepsi, gaya hidup, dan sikap terhadap pengambilan keputusan menggunakan jasa dan untuk mengetahui faktor manahak yang lebih dominan dalam keputusan menggunakan jasa Warnet. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa Warnet Flux di Malang. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 50 orang pengguna jasa Warnet Flux. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji signifikanm F dan uji signifikan. Dari hasil analisis diketahui bahwa: (1) dari hasil uji F (F hitung = 17.098 > F tabel 2,62) yang berarti kepribadian, motivasi, persepsi, gaya hidup, dan sikap secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jada, sehingga Hipotesis I diterima (2) hipotesis II diterima, Peubah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan menggunakan jaa Warnet adalah motivasi (X2), karena memiliki koefisien regresi paling besar yaitu 0.390 jika dibandingkan peubah kepribadian, persepsi, gaya hidup dan sikap. Kata kunci: Perilaku konsumen, keputusan pemakaian jasa Warnet.