Date: 04-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

ANALISA SEGMENTASI PRODUK SABUN CUCI DI DESA WATUGEDE KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG

Detail
Author LEILA SALAWATI CHAIRAT
ID 202.710.012
Published Date 30-01-2012

Abstract

-Penelitian ini lebih mengarah pada upaya mengelompokkan pasar menjadi kelompok yang lebih homogen (tersegmentasi), sehingga perusahaan dapat mengetahui profil konsumen yang akan dituju, yang diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan pendatannya. penelitian ini dibatasi pada produk sabun cuci pakaian, karena beragamnya merek dan produsen sabun cuci pakaian yang beredar di Indonesia. Sampel terpilih 100 responden di RW. 01 Desa Watugede Kecamatan Singosari Kabupaten Malang berdasarkan purposive sampling. Denganmenggunakan analisis faktor dan analisis klaster. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) terbentuk 5 faktor yang diurutkan sebagai berikut: status kesetiaan, siklus pembelian, sikap terhadap produk, kegunaan dan ketertarikan akan produk sabun cuci pakaian. Kelima faktor tersebut merupakan variabel segmentasi perilaku, sehingga hipotesis yang diajukan diterima (2) terbentuk 2 cluster, dimana cluster 1 yang beranggotakan 64 responden memiliki faktor-faktor (status kesetiaan, siklus pembelian, sikap terhadap produk, kegunaan dan ketertarikan) yang lebih tinggi dibandingkan dengan cluster 2 yang beranggotakana 36 responden, Kata kunci: segmentasi, analisis faktor, analisis klaster