Date: 19-09-2019 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN YAMAHA MIO MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA MALANG)

Detail
Author TACHJUDDIN
ID 202.710.041
Published Date 24-12-2013

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian mengenai keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sepeda motor pasti sudah cukup banyak dilakukan. Tetapi dengan berjalannya waktu, sudah barang tentu ada perubahan persepsi maupun harapan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kembali mengenai Atribut produk yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk sepeda motor Mio. Atribut produk yang digunakan adalah Merek, Kemasan, Label, Layanan, dan Jaminan, yang dihipoteskan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Yamaha Mio. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel Merek, Kemasan, Label, Layanan, dan Jaminan terhadap keputusan pembelian adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program statistik SPSS for Window versi 14 uji hepotesis yang berpedoman pada apabila P value 0,05 maka Ha ditolak. Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah : Y = 2,223 + 0,293X1 + 0,104X2 + 0,105X3 + 0,138 X4 + 0,176X5. Secara simultan variable Merek (X1), Kemasan (X2), Label (X3), Layanan (X4),Jaminan (X5) dapat mempengaruhi keputusan pembelian, karena nilai koefisien uji F hitung sebesar 21,538, sedangkan secara parsial Merek (X1) terbukti secara signifikan memiliki pengaruh yang dominan, dibanding variable bebas lainnya. Saran penelitian yang diperoleh adalah perlunya perusahaan untuk meningkatkan design yang lebih stylis dan warna yang cerah. Dan perlunya pemasar untuk lebih pro aktif untuk melakukan kampanye pemasaran. Kata Kunci : Merek, kemasan, label, layanan pelengkap, jaminan, Keputusan Pembelian