Date: 25-11-2020 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

ANALISIS BANKING SERVICE QUALITY TERHADAP CITRA BANK SYARIAH DI KOTA MALANG

Detail
Author DWI DANESTY DECCASARI (Tim: Ketua)
ID 202.710.209
Published Date 01-01-1900

Abstract

Abstrak Perkembangan bank syariah di Indonesia semakin tinggi, karena sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim. Sebagai rekan kerja didunia perbankan maka bank syariah harus dapat menjaga kepercayaan yang diberikan oleh nasabahnya. Kepercayaan ini mempunyai arti yang sangat penting dan tinggi nilainya, karena tanpa kepercayaan masyarakat tidak mungkin bank dapat hidup dan berkembang. Untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan nasabahnya, maka bank syariah perlu menjaga citra positif dimata nasabah khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simulan maupun parsial variabel banking service quality (Tangibles, Reliability, Access, Price, Effectiveness & Assurance, Service pertofolio) terhadap citra Bank Syariah yang ada di Kota Malang. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa Banking Service Quality yang terdirin dari tabgibles (X?), reliability (X2), access (X3), price (X4), effectiveness & assurance (X5), service pertofolio (X6) memiliki pengaruh signifikan terhadap citra Bank Syariah di Kota Malang. Selain itu dari hasil analisis diketahui bahwa peubah bebas Tangible (X1) dan Realibility (X2) dan Price (X4) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap peubah terikta citra bank syariah di Kota Malang. Dan peubah bebas Access (X3), Assurance (X5) dan service portofolio (X6) yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peubah terikat citra bank syariah (Y). Kata kunci: Kualitas jasa perbankan, Citra, Bank Syariah