Date: 01-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LINGKUNGAN SEKOLAHA DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT SISWA SMA NEGERI 1 PAGAK MELANJUTKAN KE PENDIDIKAN INGGI

Detail
Author ZAINUL ARIFIN
ID 202.710.183
Published Date 30-08-2016

Abstract

Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dibutuhkan adanya minat dari siswa. Sebab minat merupakan salah satu faktor yang sangat berparan terahdap keberhasilan seseorang baik dalam hal studi, pekerjaan maupun aktivitas lainnya. Adapun fakor yang mempengaruhi minat seorang siswa untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi adalah kondisi social ekonomi orang tua, lingkungan sekolah serta prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi social ekonomi orang tua, lingkungan sekolah serta prestasi belajar terhadap minat siswa SMA Negeri 1 Pajak untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik secara simultan maupun partial. Penelitian ini adalah pene' kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 SMA Negeri 1 Pajak yang berjumlah 324 orang. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 94 responden. Teknik analisanya menggunakan regresi linier berganda dengan sebelumnya diuji dengan menggunakan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bila ada pengaruh yang signifikan antara kondisi social ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan prestasi belajar baik secara simultan maupun partial terhadap minat siswa SMA Negeri 1 Pajak untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Secara simultan sebesar 50,9 % minat siswa SMA Negeri 1 Pagak untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dipengaruhi kondisi social ekonomi orang tua, lingkungan sekolah dan prestasibelajar sedangka sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Kondisi sosial ekonomi orang tua, lingkungan sekolah, prestasi belajar dan minat siswa.