Date: 23-09-2019 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MOTIVASI DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMILIHAN KARIR MAHASISWA AKUNTANSI PADA STIE MALANGKUCECWARA MALANG

Detail
Author DJOKO SUGIONO
ID 202.710.154
Published Date 15-03-2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, motivasi dan perilaku belajar secara parsial serta simultan terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi STIE Malangkucecwara Malang. Sehingga metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, beserta uji t dan uji f. Berdasarkan hasil analisis pengaruh antara kecerdasan emosional, motivasi dan perilaku belajar secara parsial terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi di STIE Malangkucecwara Malang dapat dikatakan berpengaruh positif dan signifikan. Dengan demikian kipotesis pertama dapat dikatakan terbukti. Hasil analisis pengaruh antara kecerdasan emosional, motivasi dan perilaku belajar secara simultan terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi di STIE Malangkucecwara Malang dapat dikatakan berpengaruh positif dan signifikan. Dengan demikian hipotesis kedua dapat dikatakan terbukti. Variabel yang paling dominan mempengaruhi pemilihan karir mahasiswa akuntansi di STIE Malangkucecwara Malang adalah motivasi, dikarenakan memiliki tingkat signifikan yang terbaik yaitu 0,001 sedangkan kecerdasan emosional 0,002 dan motivasi 0,003. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional (EQ), Motivasi, Perilaku Belajar, pemilihan Karir.