Date: 19-09-2019 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Faculty Research

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY STRATEGY PADA BUSINESS PERFORMANCE DALAM PERSPEKTIF RESOURCE BASE VIEW (RBV): CORPORATE REPUTATION DAN BRAND EQUITY SEBAGAI MEDIATING VARIABEL

Detail
Author HANIF MAULUDIN (Tim: Ketua)
ID 202.710.307
Published Date 30-01-2018

Abstract

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY STRATEGY PADA BUSINESS PERFORMANCE DALAM PESPEKTIF RESOURCE BASE VIEW (RBV): CORPORATE REPUTATION DAN BRAND EQUITY SEBAGAI MEDIATING VARIABEL Hanif Mauludin Abstrak Bersaing dari sisi harga dan kualitas tidaklah cukup dalam situasi lingkungan bisnis saat ini. Bersaing dari sisi harga dalam jangka panjang akan mengarah pada turunnya kinerja perusahaan. Kekuatan merek dan reputasi perusahaan masih jarang menjadi perhatian perusahaan. Seringkali transaksi diawali denan produk knowledge yang detail pada feature, function dan design tanpa melibatkan kredibilitas perusahaan sebagai jaminan dan faktor kepercayaan. Hasil penelitian terdahulu mengindikasikan bahwa persepsi pembeli atas reputasi perusahaan dan ekuitas merek bisa dibangun dari aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). CSR yang dilakukan perusahaan menyebabkan stakeholder khususnya para mitra bisnis (pembeli maupun supplier) semakin memiliki persepsi positif terhaap persepsi jaminan kualitas produk, loyalitas, kepuasan. Oleh karena itu CSR bisa menjadi strategi bisnis yang efektif yang akan membawa kemanfaatan bagi perusahaan maupun masyarakat secara luas. Penelitian ini akan mengkaji pengaruh corporate social responsibility terhadap reputasi perusahaan dan ekuitas merek. Kemudian dilanjutkan dengan mengkaji pengaruh reputasi perusahaan dan ekuitas merek terhadap kinerja perusahaan. Sebanyak 160 perusahaan yang berpartisipasi dalam penelitian ini terdiri dari berbagai jenis usaha meliputi perusahaan manufaktur maupun jasa di wilayah Jawa Timur. Hasil pengujian menyatakan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap reputasi perusahaan dan brand equity. Corporate reputation juga berpengaruh positif signifikan pada brand equity. Selanjutnya corporate reputation dan brand equity berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Kata kunci: corporate social responsibility strategy, business performance, resource base view (RBV), corporate reputation, brand equity.