Date: 19-04-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING ( STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI JAKARTA ISLAMIC INDEX 70 )

Thesis Detail
Author SOFI FAULANA MAISARO
Student's ID (NPK) A.2016.5.33917 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN KEUANGAN
Keyword ISLAMIC SOCIAL REPORTING, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE
Page(s) 130
Submit Date 30-09-2020
Lecture(s) Dra.LINDANANTY, MM.


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Islamic Social Reporting (ISR) merupakan indeks pengungkapam tanggung jawab sosial yang ditetapkan oleh AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Institutions) sebagai standar dalam pengungkapan berdasarkan pada prinsip-prinsip ke Islaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) tahun 2018 - 2019. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif kausalitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen yaitu diambil dari laporan tahunan (annual report) perusahaan yang tercatat pada Jakarta Islamic Index 70 (JII70) Periode Juni 2018 - November 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda yang menggambarkan hubungan antara profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage sebagai variabel independen terhadap variabel dependen yaitu pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan yang tercatat di JII70 diwajibkan memiliki kesadaran yang tinggi dalam melakukan pengungkapan Islamic Social Reporting berdasarkan prinsip-prinsip syariah sehingga peranan aspek ekonomi maupun spiritual perusahaan dapat terwujud. Hasil penelitian ini selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Lestari (2015), Maghfiroh (2018) menyatakan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan laporan tahunan perusahaan. Kata Kunci : Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage

 

3.147.103.8