Date: 04-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH VARIABEL INTERNAL DAN EKSTERNALTERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAMMEMBELI PRODUK GENTENG BETON PV BLOCK PADA CV. ALBY MAKASSAR

Thesis Detail
Author RESYAD
Student's ID (NPK) K.2000.1.24961 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PENGARUH KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK
Page(s) 88
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Penelitian ini didasari pada tradisi masyarakat di Makassar yang menggunakan seng sebagai atap bangunan rumah atau bangunan yang lainnya. Agar produk genteng beton yang diproduksi CV. Makassar dapat diterima oleh masyarakat, maka upaya pemahaman terhadap faktor perilaku konsumen baik faktor internal maupun eksternal perlu dilakukan oleh CV. Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel internal dan eksternal perilaku konsumen terhadap keputusan membeli produk Genteng Beton PV. Blok pada CV. Alby Makassar dan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal tersebut yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan membeli produk Genteng Beton PV. Blok pada CV. Alby Makassar. Terdapat dua Hipotesis yang dikemukakan, yaitu: Hipotesis I: diduga faktor eksternal (terdiri dari: kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga) dan internal (terdiri dari: motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; Hipotesis II: diduga persepsi memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di perusahaan genteng Beton PV Block CV. Alby Makassar baik perorangan maupun untuk instansi, perusahaan, organisasi atau yang lainnya sebanyak 38 orang selama periode pembelian Oktober 2004. Dari hasil analisis korelasi berganda ( R ) = 0,994 dengan F hitung 292,133 lebih besar dari F tabel = 2,28 pada probabilitas 0,000 dapat disimpulkan bahwa peubah bebas X1 – X8 secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap peubah terikat Y sehingga hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Dapat disimpulkan bahwa besarnya sumbangan atau proporsi peubah bebas X1-X8 terhadap peubah terikat Y sebesar 98,8% sedangkan sisanya 1,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Berkenaan dengan hasil analisis di atas, aktivitas pemasaran yang dilakukan perusahaan hendaknya memperhatikan faktor perilaku konsumen secara keseluruhan (internal dan eksternal) karena terbukti memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Informasi yang berkaitan dengan manfaat, kualitas dan harga dari produk hendaknya lebih diutamakan karena sebagian masyarakat masih cenderung menggunakan atap seng yang memiliki harga relatif rendah dibandingkan dengan genteng beton. Agar penggunaan genteng beton lebih memasyarakat, perusahaan perlu memanfaatkan keberadaan tokoh masyarakat (seperti ketua adat, sesepuh, ketua agama dan sebagainya) sebagai kelompok acuan. Apabila tokoh masyarakat ini sudah menggunakan genteng beton, diharapkan akan ditiru oleh masyarakat sebagai anggotanya.

 

18.191.102.112