Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH ELEMEN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MIE GACOAN (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUCECWARA)

Thesis Detail
Author BENEDIKTUS PRASETYA JAYA WARDHANA
Student's ID (NPK) K.2019.1.35053 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword WORD OF MOUTH, KEPUTUSAN PEMBELIAN
Page(s) 17
Submit Date 28-02-2023
Lecture(s) Dra.SHERLY HESTI ERAWATI, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

kuliner Mie Gacoan sudah berdiri sejak tahun 2016 di Kota Malang. Mie Gacoan telah membuat produk yang dapat memberikan kesan yang positif dan kepuasan kepada konsumen. Besar kemungkinan konsumen akan merekomnedasikan produk tersebut kepada orang lain. Dari hasil rekomendasi ke orang lain tersebutlah yang disebut komunikasi dai mulut ke mulut (Word Of Mouth). (Sernovitz, 2012) menjelaskan bahwa word of mouth memiliki lima elemen penting yang disebut dengan the fivets yang terdiri dari talkers, topics, tools, taking part dan tracking. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkucecwara angkatan 2019 sebanyak 302 mahasiswa. Dan jumlah sampel 60 responden menggunakan Teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heterokedastisitas, Regresi Liner Berganda, Uji F, Uji t, Koefisien Determinasi. Metode yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabel menggunakan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara talkers terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai signifikansi adalah 0,261 dan hasil statistik uji t menunjukkan nilai t hitung 1,136 lebih kecil dari pada t tabel 2,005. Terdapat pengatuh signifikan antara topics terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai signifikansinya adalah 0,002 dan hasil statistik uji t menunjukkan nilai t hitung 3,269. Terdapat pengaruh signifikan tools terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai signifikansinya adalah 0,004 dan hasil statistik uji t menunjukkan nilai t hitung 2,977. Terdapat pengaruh signifikan taking part terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai signifikansinya adalah 0,000 dan hasil statistik uji t menunjukkan nilai t hitung 4,292. Tidak ada pengrauh signifikan tracking terhadap keputusan pembelian dengan hasil nilai signifikansinya adalah 0,451 dan hasil statistik uji t menunjukkan nilai t hitung 0,760. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi variabel Talkers, Topics, Tools, Taking Part, dan Tracking memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian sebesar 64,9% dan sisanya sebesar 35,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.

 

18.118.16.229