Date: 19-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING PADA MAHASISWI STIE MALANGKUCECWARA

Thesis Detail
Author NOVIKA SALSABILA AMALIA
Student's ID (NPK) K.2019.1.34904 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword KEYWORDS: CELEBRITY ENDORSER; BRAND IMAGE; PURCHASE DECISION; SKINCARE PRODUCT; SCARLETT WHITENING.KEYWORDS: PENDUKUNG SELEBRITI; CITRA MEREK; KEPUTUSAN PEMBELIAN; PRODUK PERAWATAN KULIT; PEMUTIH SCARLETT
Page(s) 96
Submit Date 01-03-2023
Lecture(s) Dra.SHERLY HESTI ERAWATI, MM


Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Sektor kecantikan sangat populer di E-commerce karena memberikan akses mudah bagi konsumen untuk mencari dan membeli produk kecantikan, di mana konsumen memiliki sifat yang mengikuti perkembangan pasar yang terjadi. Ini berarti bahwa konsumen cenderung untuk mengikuti tren dan perubahan dalam industri serta pasar yang berpengaruh terhadap preferensi dan keputusan pembelian dari tingginya minat beli konsumen akan produk kecantikan. Celebrity endorser, Brand image termasuk hal yang mempengaruhi keputusan pembeliaan pada konsumen. Beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa Celebrity endorser dan Brand image mempengaruhi keputusan pembelian dan minat beli, namun di penelitian lain yang dilakukan Andi, Suyono, Putra Al Hafis, Hendri (2020) menyatakan Celebrity endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli sedangkan kualitas produk dan desain produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Dan dari adanya perbedaan hasil tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian produk skincare Scarlett Whitening pada Mahasiswi tahun 2019 sebanyak 302 mahasiswi, diambil sebagai populasi penelitian dengan presentase kelonggaran 20%. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian adalah 60 mahasiswi, yang diperoleh dengan membulatkan hasil perhitunganmenggunakan Teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heterokedastisitas, Regresi Liner Berganda, Uji F, Uji t, Koefisien Determinasi. Uji T dan Uji F memperlihatkan nilai thitung Celebrity Endorser sebesar 2.087 dan Brand Image sebesar 6.984, serta Fhitung sebesar 102.467. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare Scarlett Whitening pada mahasiswi STIE Malangkucecwara sebesar 0,025 ≤ 0,05 atau thitung 2.087 ≥ 2,0024. Sementara brand image juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare Scarlett Whitening pada mahasiswi STIE Malangkucecwara diperoleh nilai thitung sebesar 6.984 sementara ttabel 2,0024 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05 atau thitung 6.984 ≥ ttabel 2,0024. Kedua variabel tersebut secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare Scarlett Whitening pada mahasiswi STIE Malangkucecwara dengan diperoleh Fhitung sebesar sebesar 102.467 dengan profitabilitas signifikasi sebesar 0,000. Besar pengaruh Variabel Celebrity endorser dan Brand Image sebesar 78,2% sedangkan sisanya sebesar 21,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

18.224.70.238