Date: 04-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MELALUI ANALISIS LINGKUNGAN UD SUMBER JAYA MADIUN

Thesis Detail
Author YULIA CAROLIN
Student's ID (NPK) K.2001.1.26010 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PEMASARAN, PENJUALAN
Page(s) 103
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MELALUI ANALISIS LINGKUNGAN Perkembangan dunia usaha saat ini sangatlah pesat, ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang berdiri, sehingga dunia usaha telah menjadi ajang persainan yang ketat. Dengan kondisi yang demikian, perusahaan perlu memikirkan suatu cara untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Peranan analisis SWOT dalam dunia usaha diperlukan untuk melakukan analisa dan diagnosis terhadap wujud ancaman dan peluang agar dapat diketahui keadaan di masa depan, disamping membatasi faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam menetapkan suatu strategi, yaitu faktor intern perusahaan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan yang ada pada perusahaan, mengetahui apa saja peluang-peluang dan tantangan yang dihadapi perusahaan serta mengetahui besarnya peranan analisis SWOT sebagai alat bantu bagi manajemen dalam menentukan strategi pemasaran perusahaan Dari kajian teori dikemukakan perencanaan strategi pemasaran dapat disimpulkan sebagai suatu proses manajemen untuk mencapai sasaran yang mencakup tujuan jangka panjang perusahaan terutama sasaran pemasaran pada pasar sasaran. Analisa SWOT merupakan suatu alat analisa yang sistematis untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis kekuatan dan kelemahan perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya dan untuk mengidentifikasi bidang-bidang dimana perusahaan mungkin akan mengalami ancaman, demikian juga bidang dimana perusahaan mempunyai keunggulan nyata. Dari hasil analisa SWOT yang akan diperoleh, dapat dipakai sebagai dasar untuk menentukan strategi pemasaran apa yang tepat untuk digunakan oleh perusahaan dalam mengantisipasi perubahan lingkungannya terhadap para pesaing. Sehingga masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan dapat segera diatasi dan ini sangat membantu untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang Penelitian ini meneliti masalah dengan menggunakan beberapa analisis, diantaranya: 1. Analisis ETOP (Environmental Threat and Opportunity Profile) dapat diketahui ancaman dan peluang yang ada (faktor ekstern). 2. Analisis SAP (Strategic Advanted Profile) digunakan untuk menganalisa faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan (faktor intern). 3. Analisis SWOT (Strong Weakness Opportunity Threat) merupakan analisa yang digunakan untuk menganalisa lingkungan yang mengandung peluang dan ancaman selain itu juga mencari kekuatan dan kelemahan yang ada dalam organisasi. 4. Analisa rasio merupakan suatu analisa keuangan yang digunakan untuk membantu penilaian terhadap kondisi perusahaan. Dari hasil penelitian yang menggunakan analisa-analisa tersebut maka perusahaan hendaknya melakukan suatu perencanaan strategis yang baik dalam menghadapi persaingan, serta analisis SWOT tersebut dapat dipakai sebagai alat bantu bagi manajemen dalam menentukan strategi pemasarannya dengan tidak mengabaikan faktor-faktor internal dan eksternal lainnya yang berpengaruh. Dari hasil analisis SWOT dapat diketahui Perusahan Plastik Sumber Jaya berada di posisi Kw II dalam analisis matrik Grand Strategy analisis SWOT cirinya: perusahaan berada pada posisi pasar yang bertumbuh dengan pesat, akan tetapi memiliki daya saing lemah. Strategi yang paling efektif untuk dapat mengembang misi perusahaan yang akan membuahkan hasil yang diharapkan, dua manfaat yang bisa dipetik. 1. Sumber dana dan daya yang ada tidak lagi digunakan untuk kegiatan yang tidak menguntungkan. 2. Tersedia dana dan daya untuk dimanfaatkan bagi pengembangan kegiatan bisnis lain yang memperkuat posisi perusahaan. Pilihan terakhir adalah untuk melakukan tindakan likuidasi, seperti telah ditekankan perumus strategi induk perusahaan yang “segan” menempuh cara ini karena terjadinya likuidasi sering diinterpretasikan sebagai pengakuan manajemen akan kegagalannya merumuskan strategi yang tepat di masa lalu. M

 

3.17.154.171