Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

BALANCED SCORECARD SEBAGAI SARANA KINERJA DALAM RANGKA PENGENDALIAN STRATEGI PADA PT. KECAP “LARON” TUBAN

Thesis Detail
Author EKO PURWANTO
Student's ID (NPK) A.2001.1.25888 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword BALANCED SCORECARD, STRATEGI
Page(s) 100
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

BALANCED SCORECARD SEBAGAI SARANA KINERJA DALAM RANGKA PENGENDALIAN STRATEGI PADA PT. KECAP “LARON” TUBAN (Oleh Eko Purwanto) Dewasa ini kondisi perekonomian mengalami kemajuan yang sangat pesat yang ditandai dengan meningkatnya persaingan yang mengarah kepada globalisasi menghadapi fenomena ini perusahaan dituntut untuk memiliki informasi yang akurat dan tepat waktu sebagai penunjang dalam rangka merebut pangsa pasar dan memenangkan persaingan. Akuntansi sebagai sistem akuntansi informasi diharapkan dapat menjadi informasi yang relevan, namun selama ini akuntansi yang digunakan adalah sistem akuntansi tradisional yang hanya mampu memberikan informasi pada aspek keuangan saja, sehingga hasilnya kurang akurat dan dapat menyesatkan. Informasi dalam era globalisasi dan pasar bebas merupakan hal yang sangat penting yang berpengaruh pada pengambilan keputusan perusahaan dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran sejauh mana Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja perusahaan dalam mencari dan mengumpulkan informasi yang baik dan akurat untuk kemudian diterjemahkan dan diimplementasikandalam strategi yang tepat guna mencapai tujuan perusahaan dan memenangkan persaingan. Keaadaan perusahaan secara lengkap dan akurat dapat diketahui dengan mengukur kinerja melalui Balanced Scorecard yang menghubungkan perspektif keuangan dan non keuangan dengan empat persepktif pengukurannya, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelanjaan. Pengukuran dalam Balanced Scorecard mempunyai kaitan antara pengukuran satu dengan pengukuran lainnya sehingga dapat diketahui pemicu kesuksesan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Dari pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa Balanced Scorecard tidak hanya terfokus pada ukuran keuangan saja, namun juga memperhatikan ukuran lain yang sangat mendukung dan saling berhubungan yaitu pelanggan proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelanjaan sehingga perusahaan akan memeproleh keuntungan besar dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Informasi tepat waktu dan akurat yang dimiliki perusahaan akan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam persaingan sesuai kondisi dan strategi perusahaan dalam rangka mencapai tujuan jangka panjangnya.

 

18.191.68.50