Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH ELEMEN-ELEMEN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PONSEL MEREK NOKIA ( STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUςEςWARA MALANG )

Thesis Detail
Author KRISTINA ENGKI PUSPASARI
Student's ID (NPK) K.2001.1.25802 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PROMOSI, PEMBELIAN
Page(s) 93
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENGARUH ELEMEN-ELEMEN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PONSEL MEREK NOKIA ( Studi Pada Mahasiswa STIE Malangkuςeςwara Malang ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh elemen-elemen promosi (periklanan atau advertising, promosi penjualan atau sales promotion dan hubungan masyarakat atau public relation) secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk ponsel merek Nokia oleh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang serta untuk mengetahui elemen promosi (periklanan atau advertising, promosi penjualan atau sales promotion dan hubungan masyarakat atau public relation) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk ponsel merek Nokia oleh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang sebagai konsumen pengguna produk ponsel merek Nokia. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 70 responden dengan tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah alat analisis korelasi berganda dan regresi berganda. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan bebas dari masalah heteroskedastisitas, autokorelasi, multikolinearitas serta memenuhi asumsi normalitas. Hasil pengujian hipotesis I diperoleh nilai F hitung = 23,900 lebih besar dari nilai F tabel = 2,75 dan nilai Sig F = 0,000 berada di bawah nilai alpha yang ditentukan sebesar 5% (0,05) hal ini berarti Periklanan atau Advertising (X1), Promosi Penjualan atau Sales Promotion (X2) dan Hubungan Masyarakat atau PublicRelation (X3) secara bersama-sama (simultan) mempunyai hubungan yang signifikan dengan Keputusan Pembelian (Y). Nilai koefisien korelasi berganda (R) = 0,722 menunjukkan bahwa hubungan tersebut cukup kuat. Nilai R Square = 0,512 menunjukkan bahwa Periklanan atau Advertising (X1), Promosi Penjualan atau Sales Promotion (X2) dan Hubungan Masyarakat atau PublicRelation (X3) secara bersama-sama mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y) sebesar 52,1%, dan sisanya sebesar 47,9% dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak terdapat dalam model misalnya produk, harga dan saluran distribusi. Maka dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah Periklanan atau Advertising (X1), Promosi Penjualan atau Sales Promotion (X2) dan Hubungan Masyarakat atau Public Relation (X3) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang bermakna/signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) produk ponsel merek Nokia. Hasil pengujian hipotesis II diketahui nilai t hitung masing-masing peubah bebas lebih besar dari nilai t tabel dan nilai signifikansi t masing-masing peubah bebas di bawah nilai alpha 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa Periklanan atau Advertising (X1), Promosi Penjualan atau Sales Promotion (X2) dan Hubungan Masyarakat atau PublicRelation (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Diketahui pula peubah Periklanan atau Advertising (X3) dengan nilai koefisien regresi terbesar (0,270) merupakan peubah bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap peubah terikat (keputusan pembelian).

 

3.14.248.119