Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISIS SWOT UNTUK MENETAPKAN STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF ( STUDI PADA PERUSAHAAN GARAM PT. PANGAN LESTARI – SIDOARJO )

Thesis Detail
Author TONY HARI DWI CAHYONO
Student's ID (NPK) K.991.23613 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS,SWOT,STRATEGI,PEMASARAN
Page(s) 86
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Rencana strategi pemasaran merupakan serangkaian proses yang sistematis untuk menentukan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam pemasaran. Penerapan rencana strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mencapai realisasi pemasaran, karena tingkat pemasaran tidak saja dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar kendali, seperti kekuatan demografi dan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan memakai metode deskriptif. Penelitian studi kasus adalah suatu penelitian yang menggambarkan kejadian atau masalah yang menggerakkan hati untuk mengkonsentrasikan diri dalam mempelajari keseluruhan elemen-elemen yang menjadi penyebab timbulnya suatu masalah, kemudian diusahakan untuk mencari jalan keluar sebagai cara pemecahan masalah. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah interview, observasi, dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan antara lain analisis SWOT, analisis ETOP, analisis SAP. Pendekatan yang digunakan analisi SWOT, memanfaatkan data–data baik dari lingkungan eksternal makro dan mikro serta lingkungan internal perusahaan dan menghasilkan 2,4 pada analisis ETOP, artinya peluang bagi PT.Pangan Lestari ternyata lebih kecil dibandingkan ancaman yang ada dan skor 2,9 pada analisis SAP yang menunjukan bahwa sebenarnya perusahaan cukup tangguh , sebab kekuatan yang dimiliki ternyata lebih besar dibandingkan kelemahannya. Sehingga secara strategi posisi perusahaan berada pada stabilitas atau pertumbuhan . Setelah mempertimbangkan hasil analisis SWOT maka berhasil diformulasikan bahwa PT .Pangan Lestari berada pada posisi yang cukup kuat dan strategi yang lebih dan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan mebutuhkan strategi. Untuk itu diperluhkan suatu proses perencanaan strategi yang didahului dengan analisis terhadap kondisi lingkungan perusahaan internal dan ekternal. Alternatif strategi pemasaran adalah proses mempertemukan antara kesempatan lingkungan perusahaan dengan kemampuan perusahaan pada resiko yang dapat diterima. Dengan melihat analisis SWOT yaitu dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terjadi maka alternatif strategi PT. Pangan Lestari maka strategi yang digunakan adalah adalah Strategi Pertumbuhan (ekspansi) internal . Langkah–langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut memperbesar kapasitas produksi serta memperluas daerah pemasaran dengan menambah segmentasi konsumen pasar bebas, mengadakan perbaikan dalam sistem distribusi dari hanya sistem distribusi langsung ke sistem distribusi ganda dan mengembangkan network deengan instansi lain agar memberikan kontribusi efesiensi bagi perusahaan

 

18.226.180.161