Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISISFAKTOR-FAKTORKEPUASANNASABAHATAS LAYANANINTERNETBANKING(E-BANKING)TERHADAP NIATBERTRANSAKSIULANGDIPT. BANKRAKYAT INDONESIABONDOWOSO

Thesis Detail
Author ADMIRA NURANDHARINI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26395 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword NASABAH,INTERNET BANKING,KEPUASAN
Page(s) 81
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) NURMA MASTUR DJATMIKO Dra
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Obyek dalam penelitian adalah PT. Bank Rakyat Indonesia Bondowoso, yaitu dengan judul “Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Nasabah Atas Layanan Internet Banking (E-Banking) Terhadap Niat Bertransaksi Ulang Di PT. Bank Rakyat Indonesia Bondowoso”. Masalah yang dialami oleh oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Bondowoso adalah mengalami beberapa kendala, diantaranya semakin menurunnya jumlah nasabah yang menggunakan layanan internet banking (e-banking) dan diduga bahwa terjadi layanan yang kurang memuaskan. Sampel dalam penelitian adalah seluruh nasabah yang bertransaksi menggunakan e-banking dan sedang berada di PT. Bank Rakyat Indonesia Bondowoso di bulan Januari hingga Februari 2005 dan berdasarkan data terakhir sebanyak 55 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis I, dengan analisis korelasi berganda (R) menyatakan variabel convenience (kenyamanan) (X1), variabel service offerings (jasa yang ditawarkan) (X2), variabel side design (desain situs) (X3) dan variabel transaction security (keamanan transaksi) (X4) secara bersama-sama, mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan transaksi ulang pada e-banking (Y), dimana dengan telah dipenuhi semua hal di atas, maka mampu menunjukkan niat transaksi ulang pada e-banking yang diharapkan. Terbukti dari koefisien korelasi berganda (R), yaitu sebesar 0,605 dengan uji F hitung sebesar 7,231 > F tabel sebesar 2,61, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis II, dengan berdasarkan nilai beta (β) terbesar, variabel transaction security (keamanan transaksi) (X4) merupakan faktor utama pada kepuasan yang memiliki pengaruh tebesar terhadap niat melakukan transaksi ulang melalui fasilitas layanan e-banking, karena e-banking pada PT. Bank Rakyat Indonesia Bondowoso hanya layanan variabel transaction security (keamanan transaksi) (X4) yang lumayan bisa dijamin kebenarannya di lapangan, seperti beragamnya fasilitas yang ada, yakni server yang memadai, software dan viurs yang autoup date. Selain itu juga PT. Bank Rakyat Indonesia Bondowoso memang lebih memfokuskan pada dimensi transaction security (keamanan transaksi), dikarenakan sekarang banyaknya hacker dan banyaknya bank pesaing yang lebih baik dari sisi keamanannya. Oleh sebab itu layanan transaction security (keamanan transaksi) oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Bondowoso dapat dikatakan disukai oleh para nasabah pengguna e-banking. Selanjutnya faktor kedua adalah kepuasan pada convenience (kenyamanan) (X1), faktor ketiga adalah kepuasan pada side design (desain situs) (X3) yang tersedia pada e-banking, dan faktor keempat adalah kepuasan pada dimensi service offerings (jasa yang ditawarkan) (X2) yang tersedia pada e-banking

 

3.138.69.172