Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK, KEBIJAKSANAAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENDAPATAN HOTEL KARTIKA WIJAYA BATU MALANG

Thesis Detail
Author IRWAN KHRISTIANTO
Student's ID (NPK) K.981.21821 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PRODUK, PROMOSI, PENDAPATAN
Page(s) 62
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK, KEBIJAKSANAAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENDAPATAN HOTEL KARTIKA WIJAYA BATU MALANG Dalam dunia usaha saat ini masalah pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting, sebab pemasaran merupakan ujung tombak dari perusahaan. Jadi untuk memenangkan persaingan yang semakin meningkat saat ini, perusahaan memerlukan konsep pemasaran yang tepat dan terpadu. Dan perusahaan juga harus memperhatikan selera dan kebutuhan konsumen, serta melakukan peninjauan kembali terhadap produknya. Salah satu cara untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan adalah dengan melakukan pengembangan produk, kebijaksanaan harga dan promosi. Langkah ini dimaksudkan sebagai usaha untuk lebih menyesuaikan produk dengan selera konsumen. Dari penjelasan tersebut di atas, dapat diketahui betapa pentingnya pelaksanaan pengembangan produk dan kebijaksanaan harga serta promosi bagi suatu perusahaan. Hal ini perlu dipertimbangkan sebagai fungsi yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan memasarkan produk atau hasil produk secara efektif. Untuk itu dalam penelitian ini diteliti dan dianalisis secara mendalam tentang pengembangan produk, kebijaksanaan harga dan promosi untuk meningkatkan pendapatan pada Hotel Kartika Wijaya Batu Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional, sifat deskriptif ini adalah menuturkan dan menganalisis, mengklasifikasikan serta menafsirkan data, sehingga pelaksanaan metode ini tidak hanya berbatas pada pengumpulan dan penyusunan data saja, melainkan juga menganalisis dan interpretasi data. Sedangkan peubah yang diteliti adalah; peubah bebas: biaya pengembangan produk (X1), biaya kebijaksanaan harga (X2) dan biaya promosi (X3), peubah terikat: pendapatan (Y). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: a. Dalam analisis regresi berganda menunjukkan hubungan variabel-variabel bebas yang paling besar pengaruhnya terhadap pendapatan adalah biaya kebijaksanaan harga (X2) sebesar 57,116 kemudian biaya pengembangan produk sebesar 38,291 dan biaya promosi sebesar 8,132. b. Dalam analisis korelasi berganda menunjukkan keeratan hubungan antara variabel bebas terhadap pendapatan yaitu sebesar 0,999 atau 99,9%.

 

3.21.104.72