Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISISPENGARUHATRIBUTPRODUKTERHADAP KEPUTUSANPEMBELIANROKOKSAMPOERNAMILD RISETPADAMAHASISWASTIEMALANGçEçWARAMALANG)

Thesis Detail
Author RIO FEBIANO
Student's ID (NPK) K.991.23551 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword ANALISIS,ATRIBUT PRODUK,PEMBELIAN,ROKOK
Page(s) 64
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) IBI MULYADI Drs.
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui sejauh mana ada hubungan antara atribut produk dengan keputusan pembelian ulang rokok Sampoerna Mild, serta untuk mengetahui atribut produk manakah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian ulang rokok Sampoerna Mild. Hal-hal tersebut itulah yang nantinya akan diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian penjelasan dengan menggunakan pengujian hipotesis. Mengingat keterbatasan waktu dan biaya penulis yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang jurusan akuntansi dan manajemen dan berjumlah 75 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, kuisioner, data primer dan data sekunder. Sedangkan metode yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah metode statistik dengan menggunakan program SPSS 10.00 for windows. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Uji hipotesis pertama menggunakan analisis uji korelasi berganda. Hasil pengujian diuji dengan uji – F, dengan kriteria F hitung > F tabel, maka Ha diterima. Uji hipotesis kedua menggunakan analisis uji t dengan kriteria t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan menggunakan uji F, yang menyatakan bahwa merk produk (X1), kekuatan atau mutu produk (X2), model produk (X3) dan kemasan produk (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian rokok (Y). Hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya F hitung = 242,614 adalah lebih besar dari F tabel = 2,50 yang menghasilkan keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis I yang diajukan dapat dibuktikan. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan menggunakan uji t, yang menyatakan bahwa kekuatan atau mutu produk (X2) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian rokok (Y), hal ini tidak dapat dibuktikan, karena nilai koefisien regresi dan korelasi parsial peubah kekuatan atau mutu produk (X2) adalah paling besar, yaitu 0,319 dan 0,384, serta bila dibandingkan dengan peubah bebas yang lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peubah kekuatan atau mutu produk (X2) merupakan peubah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis II dapat diterima dan terbukti.

 

18.191.230.106