Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR-FAKTORYANGMEMPENGARUHIPERILAKUKONSUMENDALAMMEMBELIPRODUKAVONDIMALANG (RISET PADA MAHASISWA STIE MALANGKUçEçWARA MALANG ANGKATAN 2003)

Thesis Detail
Author A R I A T I
Student's ID (NPK) K.2000.1.24654 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN,AVON
Page(s) 75
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) SRIYATI Dra. MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Permasalahan yang diteliti adalah sejauh mana hubungan faktor kelas sosial, faktor kelompok referensi, faktor keluarga, faktor sikap, faktor motivasi, faktor pengamatan dan mana yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk avon di Malang ?. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Malangkuçeçwara Malang angkatan 2003 jurusan manajemen termasuk laki-laki dan perempuan, sedangkan jumlah mahasiswa jurusan manajemen sebanyak 299 orang. Namun, untuk menemukan sampel, peneliti menggunakan rumus Slovin, dengan presisi 10%, yaitu sebesar 75 dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Berdasarkan hasil pengujian pertama dengan analisis korelasi berganda menyatakan variabel kelas sosial (X1), variabel kelompok referensi (X2), variabel keluarga (X3), variabel motivasi (X4), variabel pengamatan (X5) dan variabel sikap (X6) secara bersama-sama mempunyai hubungan yang bermakna terhadap variabel keputusan pembelian produk avon (Y), hal ini terbukti dari koefisien korelasi, yaitu (Multiple R) 0,990 dengan uji F hitung sebesar 557,751 > F tabel sebesar 2,25, maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis pertama dapat dibuktikan kebenarannya. Alasan mengapa keenam variabel di atas dipilih sebagai variabel bebas tak lain, karena berdasarkan observasi peneliti keenam variabel tersebut memang mempunyai dampak yang berarti dalam hal pengambilan keputusan menggunakan produk avon. Berdasarkan pengujian hipotesis kedua dengan analisis regresi linier berganda, menyatakan bahwa variabel bebas, yaitu keluarga (X3) mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk avon (Y), yang berarti bahwa keluarga mampu menjelaskan hubungan dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Ini dibuktikan dari koefisien regresi dan koefisien korelasi parsial dari variabel variabel keluarga (X3) paling besar dibandingkan variabel lainnya, yaitu sebesar 0,359 dengan uji t hitung sebesar 5,431 > t tabel sebesar 1,6676. Jadi variabel variabel keluarga (X3) yang berpengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk avon (Y), maka keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis kedua dapat dibuktikan kebenarannya. Alasan lain variabel keluarga (X3) yang dominan mempengaruhi variabel keputusan pembelian produk avon (Y), karena bagaimanapun situasi dan kondisi saat itu siapapun akan tetap membutuhkan keluarga. Apalagi pengaruh yang datangnya dari orang tua, saudara kandung dan sanak famili tidak bisa dipungkiri, yaitu akan tetap memberikan andil dalam melakukan suatu aktivitas.

 

3.147.28.93