Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

EVALUASI KINERJA BISNIS MELALUI KERANGKA BALANCED SCORECARD PADA PDAM KOTA MADIUN

Thesis Detail
Author PROBONINGRUM ENDAH PUSPITORINI
Student's ID (NPK) A.2001.1.26004 (AKUNTANSI)
Subject AKUNTANSI MANAJEMEN
Keyword EVALUASI,KINERJA,BISNIS,BALANCE SCORECARD
Page(s) 100
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Perusahaan memerlukan suatu sistem penilaian atau evaluasi kinerja perusahaan yang komprehensif, koheren, dan balanced. Dengan demikian seluruh aspek yang tercakup dalam kinerja perusahaan dapat diukur dan dikelola sehingga hakekat perusahaan sebagai pencipta nilai tambah bagi customer, perusahaan atau shareholders, karyawan, dan masyarakat dapat terwujud. Balanced scorecard menyediakan rerangka komprehensif yang menerjemahkan visi dan strategi perusahaan menjadi sistem pengukuran kinerja yang koheren. Berbeda dengan penggunaan balanced scorecard dalam organisasi bisnis dimana menempatkan perspektif financial pada puncak, organisasi pemerintah dapat meletakkan salah satu dari perspektif non financial pada puncak sesuai dengan misi organisasi publik yang memberikan pelayanan publik berkualitas kepada masyarakat. Sehingga peran organisasi pemerintah sebagai public sector (berorientasi pelayanan publik) dan bukan bertindak sebagai private sector (berorientasi keuntungan) akan dapat dicapai dengan terwujudnya pemenuhan kebutuhan masyarakat. Penelitian secara kualitatif dilakukan pada PDAM Kota Madiun. Penelitian tersebut menjelaskan mengenai keterkaitan perspektif non financial dan financial. Balanced Scorecard yang menyatakan bahwa perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada PDAM Kota Madiun yang meliputi pembentukan kompetensi, penyediaan infrastruktur dan terpeliharaannya iklim perusahaan yang kondusif mengakibatkan tercapainya kepuasan kerja karyawan PDAM Kota Madiun. Kepuasan kerja karyawan tersebut mempengaruhi perspektif proses bisnis internal PDAM Kota Madiun dimana terlihat dari usaha untuk mengadakan perbaikan proses produksi yang semakin baik dan semakin mendekati keinginan pelanggan serta usaha pelayanan purna jual yang sangat memuaskan pelanggan. Tingginya indeks kepuasan pelanggan menyebabkan perspektif pelanggan dapat memberikan hasil yang baik bagi perusahaan dimana ditunjukkan dengan naiknya jumlah pelanggan. Namun hal ini tidak didukung dengan profitabilitas pelanggan yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga berdampak pada kemampuan finansial perusahaan.

 

52.15.70.191