Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

“PENERAPAN PERSPEKTIF KEUANGAN DANPELANGGAN DENGAN PENDEKATANBALANCED SCORECARD PADA CV. SUMBERSUKO GROUP MALANG”.

Thesis Detail
Author HEFFY AYU PUSPITA
Student's ID (NPK) A.2001.1.26449 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN STRATEGI
Keyword PENERAPAN,PERSPEKTIF,KEUANGAN,BALANCED SCORECARD
Page(s) 77
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan adalah menggunakan keempat perspektif dengan pendekatan balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan (financial) dan perspektif pelanggan (customer). Tujuan penelitian ini untuk menilai kinerja operasional CV. Sumber Suko Group Malang dari perspektif keuangan dan pelanggan dengan pendekatan balanced scorecard. Jenis penelitian yang digunakan di dalam memecahkan masalah tersebut adalah studi kasus. Alasan digunakannya jenis penelitian studi kasus, yaitu untuk mempelajari dan mencari pemecahan masalah, tak lain melalui penerapan aspek perspektif keuangan dan pelanggan dengan pendekatan balanced scorecard. a. Financial Perspective Dari financial perspective, sasaran strategik yang telah ditetapkan belum tercapai maksimal dan dari semua dimensi mengalami peningkatan dan kestabilan. Tetapi perusahaan tetap belum bisa menghasilkan nilai yang lebih baik dari tahun sebelumnya untuk shareholder. Penyebab dari penurunan shareholder value ini dikarenakan oleh adanya ketidakefektifan dalam penggunaan biaya produksi dengan semakin bertambahnya pengeluaran kas atas biaya, akibat dari keadaan perekonomian yang belum pulih. b. Customer Perspective Dari customer perspective, sasaran strategik telah tercapai, karena adanya peningkatan total penjualan pada customer baru. Ini dapat dilihat pada peningkatan costumer acquisition. Walaupun terjadi penurunan penjualan pada costumer tetap mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dengan meningkatnya costumer retention dari segi total customernya. Kondisi ini disebabkan oleh belum pulihnya kondisi perekonomian sehingga daya beli dari customer tetap menurun. c. Interpretasi dari penelitian ini, jika dilihat dari kedua perspektif balanced scorecard yang sudah diukur menunjukkan indikasi yang semakin membaik. Meskipun kondisi dari financial perspective dan customer perspective masih ada hasil yang kurang menggembirakan, tidak berarti buruk bagi perusahaan dalam jangka panjang. Financial perspective dan customer perspective yang kurang menggembirakan tersebut disebabkan oleh meningkatnya biaya produksi dan biaya usaha, serta semakin banyak pesaing dalam meraih pangsa pasar. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan tingkat kinerja dari CV. Sumber Suko Group Malang bisa dikatakan baik, walaupun belum dicapai keseimbangan financial dan non financial-nya, karena hasil dari financial perspective merupakan perwujudan dari hasil customer perspective lainnya.

 

3.133.126.39