Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISA STP ( SEGMENTATION, TARGETING, POSITIONING ) TERHADAP PRODUK KAMAR ( STUDI KASUS PADA HOTEL PELANGI MALANG )

Thesis Detail
Author IDA NIA DANIATI
Student's ID (NPK) K.2001.1.26523 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword SEGMENTATION,TARGETING,POSITIONGING
Page(s) 83
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) NEVI DANILA Dra, MBA, Phd.
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Dalam kondisi perekonomian yang kurang menguntungkan dewasa ini serta semakin ketatnya persaingan antar hotel yang merupakan kendala bagi perkembangan dan eksistensi sector usaha ini. Maka disinilah pentingnya tugas dan peran marketing pada suatu hotel, oleh karena itu agar usaha dibidang perhotelan atau dibidang jasa penginapan ini dapat berfungsi dan bergerak secara maksimal diperlukan berbagai kiat dari para pengusaha, sehingga dapat memprediksi kelangsungan usahanya. Untuk itu para pengusaha harus menerapkan strategi STP ( Segmentation, Targeting, Positioning ) dengan strategi ini suatu perusahaan dapat mengetahui segmen pasar mana yang belum dilayani atau yang menguntungkan perusahaan, selain itu guna menghadapi perubahan selera konsumen penyewa jasa yang selalu berubah, dan pihak perusahaan harus mengetahui posisi produk kamar hotel khususnya yang dihasilkan dibenak konsumen pada produk kamar hotel Pelangi. Penelitian dengan judul “Analisa STP( Segmentation,Targeting, Positioning ) terhadap produk kamar Hotel Pelangi Malang“ secara umum bertujuan untuk mengetahui segmen pasar mana yang dilayani atau yang menguntungkan perusahaan, mengetahui target pasarnya, dan untuk mengetahui posisi produk hotel Pelangi Malang. Teknik pengambilan sample secara sampling accidental dimana teknik penentuan sampelnya berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sample, bila dipandang orang yang kebetulan bertemu itu sesuai sebagai sumber data. Untuk mengetahui segmen Hotel Pelangi Malang, penulis menggunakan analisa cluster dimana analisa ini adalah suatu prosedur multivariate untuk mengelompokkan individu-individu ke dalam cluster-cluster berdasarkan karakteristik tertentu. Berdasarkan hasil analisa cluster tersebut diketahui bahwa hotel Pelangi Malang terbagi menjadi 2 cluster atau segmen yaitu segmen 1 yang mempunyai karakteristik umumnya responden yang menginap di Hotel Pelangi Malang tersebut adalah responden yang berumur 24-30 tahun ( 69.8 % ), dengan jumlah keluarga sebanyak 3 orang ( 67.9 % ) dan berpendapatan rata-rata yang diperoleh oleh responden yang menginap antara 700.000-1.5 juta ( 73.6 % ) dengan mempunyai pekerjaan rata-rata wiraswasta ( 56.6 %) dan rata-rata mempunyai pendidikan SMU, pada segmen ini responden menginap di hotel pelangi ini rata-rata karena adanya suatu kunjungan. Berdasarkan fenomena diatas dapat diketahui bahwa pada segmen ini responden berkecenderungan memilih produk ekonomi dan standar, sedangkan pada segmen 2 karakteristik respondennya adalah responden yang sering menginap di Hotel Pelangi adalah responden yang berumur 31-40 tahun ( 64.7 % ) dan rata-rata mempunyai jumlah keluarga sebanyak 5 orang ( 70.6 % ), mempunyai pendapatan rata-rata > 2 juta ( 52.9%), sedangkan rata-rata jenis pekerjaan responden yang menginap di hotel pelangi ini adalah Karyawan Swasta ( 41.2 % ), responden menginap di hotel ini karena adanya suatu bisnis, sehingga pada segmen ini konsumen kecenderungan memilih produk superior, standar, deluxe. Sehingga dalam analisa tersebut target pasarnya dengan menggunakan spesialisasi produk adalah pada segmen 1 hal ini disebabkan dengan jumlah segmen 1 lebih banyak respondennya dari pada segmen 2 yaitu pada segmen 1 terdiri 53 responden dengan karakteristik diatas sedangkan pada segmen 2 terdiri 17 responden, untuk analisa positioning dengan menyebarkan kuesioner dapat diketahui bahwa persepsi konsumen terhadap produk kamar hotel Pelangi adalah cukup memuaskan jika dilihat dalam segi pelayanannya sebanyak ( 64.3 % ) responden yang mengatakan tersebut, dari segi suasana yang diperoleh oleh konsumen bahwa suasana di Hotel Pelangi adalah nyaman sebesar ( 35.7 % ), tetapi rata-rata persepsi konsumen terhadap kebersihan hotel adalah cukup bersih yaitu sebesar ( 55.7 % ), dan tarif di Hotel pelangi relative murah menurut konsumen, sebesar ( 40 % ) rata-rata konsumen berpendapat demikian, sedangkan untuk keamanan di Hotel me

 

3.145.56.28