Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERN DARI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM) BANK CENTRAL ASIA (STUDI PADA MAHASISWA STIE MALANGKUEWARA MALANG)

Thesis Detail
Author DILLA CRISTINA OKTAVIANA
Student's ID (NPK) K.2001.1.25788 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PERILAKU KONSUMEN, KEPUTUSAN, AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM)
Page(s) 95
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERN DARI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM) BANK CENTRAL ASIA (Studi Pada Mahasiswa STIE Malangkuςeςwara Malang Angkatan 2001/2002) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh peubah-peubah dalam faktor lingkungan ekstern dari perilaku konsumen berupa kebudayaan/culture, kelas sosial/social class, keluarga/family dan kelompok referensi/reference group terhadap keputusan menggunakan jasa Automatic Teller Machine (ATM) Bank Central Asia (BCA) pada mahasiswa STIE Malangkuewara Malang Angkatan 2001/2002 serta untuk mengetahui peubah dalam faktor lingkungan ekstern dari perilaku konsumen (kebudayaan/culture, kelas sosial/social class, keluarga/family dan kelompok referensi/reference group) yang berpengaruh dominan terhadap keputusan menggunakan jasa Automatic Teller Machine (ATM) Bank Central Asia (BCA) pada mahasiswa STIE Malangkuewara Malang Angkatan 2001/2002. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STIE Malangkuςeςwara Malang Angkatan 2001/2002, sampel ditentukan sebanyak 90 mahasiswa (10% dari jumlah populasi) dengan pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Dari uji validitas (kesahihan) dan uji reliabilitas (keterhandalan) dari item-item dalam semua peubah, semuanya menunjukkan validitas dan reliabilitas yang tinggi, dengan demikian item-item yang digunakan sebagai alat pengukur pada setiap peubah dalam penelitian ini layak digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian. Hasil pengujian hipotesis I dengan alat analisis korelasi berganda diketahui nilai F hitung (24,144) lebih besar dari F tabel (2,45), yang berarti menolak Ho sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara peubah bebas berupa kebudayaan (culture), kelas sosial (social class), keluarga (family) dan kelompok referensi (reference group) dengan peubah terikat berupa keputusan menggunakan jasa ATM. Nilai koefisien korelasi (R) bernilai positif sebesar 0,729 menunjukkan bahwa hubungan tersebut bersifat positif. Hasil analisis regresi berganda diketahui semua peubah bebas memiliki nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa peubah Kebudayaan/Culture (X1), Kelas Sosial/Social Class (X2), Keluarga/Family (X3) dan Kelompok Referensi/Reference Group (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap peubah Keputusan Menggunakan Jasa ATM (Y) pada Bank Central Asia. Dengan demikian hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah bebas yang memiliki nilai koefisien regresi paling besar adalah adalah peubah Kelompok Referensi/Reference Group (X4) yaitu sebesar 0,285. Dengan demikian hipotesis 2 terbukti.

 

18.226.185.103