Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL YANG MEMPENGARUHI SEORANG KONSUMEN UNTUK MEMILIH PJTKI PT. BINTAN NIRWANA MALANG

Thesis Detail
Author MOCH. ZAENAL ARIFIN
Student's ID (NPK) K.2001.1.26669 (MANAJEMEN)
Subject Manajemen Pemasaran
Keyword KONSUMEN, MEMILIH
Page(s) 109
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL YANG MEMPENGARUHI SEORANG KONSUMEN UNTUK MEMILIH PJTKI PT. BINTAN NIRWANA MALANG Usaha sebagai penyalur jasa tenaga kerja ke luar negeri dewasa ini menunjukkan persaingan yang semakin tajam sehingga perlu dikelola secara serius. Untuk itu para pengusaha yang bergerak dibidang penyalur jasa tenaga kerja ke luar negeri dituntut untuk mampu bersaing. Pengusaha harus mengetahui apa yang seseungguhnya diinginkan konsumen dan mampu memprediksikan keinginan dan kebutuhan konsumen untuk masa yang akan datang. Perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor tersebut bisa berasal dari diri konsumen (internal) dan dari luar diri konsumen (eksternal). Adapun faktor-faktor internal meliputi : kebudayaan (X1), kelas sosial (X2), kelompok referensi (X3), keluarga (X4). Sedangkan faktor-faktor eksternal meliputi : motivasi (X5), pengamatan (X6), belajar (X7), kepribadian (X8), dan sikap (X9). Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, maka perusahaan perlu mengadakan penelitian secara periodik sehingga perusahaan dapat menetapkan strategi pemasaran yang tepat untuk menempatkan posisi perusahaan pada keadaan yang menguntungkan. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut diatas penulis berusaha untuk meneliti apakah faktor internal dan eksternal mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap keputusan konsumen dan diantara faktor-faktor tersebut mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen untuk memilih sarana penginapan. Jenis penelitian yang digunakkan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendeteksi sejauhmana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan tersebut, penulis menggunakan 144 responden pengambil keputusan sebagai sampel./ Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Dari hasil pengujian korelasi berganda yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa peubah kebudayaan (X1), kelas sosial (X2), kelompok referensi (X3), keluarga (X4), motivasi (X5), pengamatan (X6), belajar (X7), kepribadian (X8), dan sikap (X9) secara bersama-sama mempunyai hubungn yang bermakna terhadap keputusan untuk menjadi konsumen PJTKI PT. Bintan Nirwana Malang (Y). Hal tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,876 dan F hitung sebesar 49,126 yang lebih besar dari F tabel sebesar 1,88. Dari hasil pengujian regresi berganda dapat diketahui bahwa peubah pengamatan (X6) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan untuk menjadi konsumen PJTKI PT. Bintan Nirwana Malang (Y). Hal ini dapat dibuktikan dari nilai koefisien regresinya paling besar daripada peubah bebas lainnya yaitu sebesar 0,225.

 

3.17.187.116