Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

PENELITIAN TENTANGANALISISPELAYANANPRIMA DALAMUSAHAMENINGKATKAN KEPUASANKONSUMENPADAHOTELGADJAHMADAMALANG

Thesis Detail
Author FICO TANUWIDJAJA
Student's ID (NPK) A.2001.1.26686 (AKUNTANSI)
Subject MANAJEMEN PEMASARAN
Keyword PELAYANAN, KEPUASAN, KONSUMEN
Page(s) 48
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) -
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

PENELITIAN TENTANG ANALISIS PELAYANAN PRIMA DALAM USAHA MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL GADJAH MADA MALANG Secara umum, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar hubungan pelayanan prima, yakni keramahan, kecepatan, ketepatan dan kenyamanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun secara simultan serta untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sesuai dengan tujuan tersebut, dikemukakan dua hipotesis, yaitu : a. Hipotesis I, yang menduga bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel pelayanan prima, yakni keramahan (X1), kecepatan (X2), ketepatan (X3), dan kenyamanan (X4) secara simultan terhadap kepuasan konsumen (Y). b. Hipotesis II, yang menduga bahwa variabel pelayanan prima, yakni kecepatan (X2), memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen (Y). Untuk membuktikan hipotesis tersebut, digunakan metode analisis uji F dan uji t dengan data pokok yang diambil dari jawaban kuisioner yang disebarkan kepada 75 responden yang ditunjuk sebagai sampel penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap responden dikemukakan simpulan sebagai berikut : a. Hasil analisis untuk hipotesis I, dapat dibuktikan dengan besarnya F hitung = 228,978 adalah lebih besar dari F tabel = 2,53 yang menghasilkan keputusan terhadap Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis I yang diajukan dapat dibuktikan. b. Hasil analisis untuk hipotesis II, dapat dibuktikan dengan nilai koefisien regresi variabel kecepatan (X2) adalah paling besar, yaitu 0,459 dan bila dibandingkan dengan variabel bebas yang lainnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel kecepatan (X2) merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen, sehingga hipotesis II dapat diterima dan terbukti.

 

3.15.179.121