Date: 18-05-2024 Digital Publication Services : JABM | JAM | ABMR | ABMCS | BLOG

Undergraduate Thesis

ANALISISFAKTOR– FAKTOR YANG MEMPENGARUHIPERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBILKEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK PADA MAHASISWI STIE MALANGKUÇEÇWARA MALANG

Thesis Detail
Author ICHE WIDYA KRISNA
Student's ID (NPK) K.2000.1.24394 (MANAJEMEN)
Subject MANAJEMEN OPERASIONAL
Keyword PERILAKU KONSUMEN,KOSMETIK,ANALISIS
Page(s) 92
Submit Date 06-03-2007
Lecture(s) ZAINUL MUKHLAS Drs, MM
-
-
Download PDF

Akses/Download file PDF hanya bisa dilakukan di R. Referensi, Gedung Perpustakaan lantai 2

Abstract

Berdasarkan pada masalah pokoknya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor perilaku konsumen yang meliputi faktor intern yang terdiri dari kepribadian, motivasi dan persepsi serta faktor ekstern yang terdiri dari kelas sosial dan kelas referensi mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan pembelian kosmetik serta untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Dalam penelitian ini responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Manajemen STIE Malangkuçeçwara Malang. Berdasarkan data yang diperoleh dari BAAK STIE Malangkuçeçwara Malang menunjukkan populasi sebesar 536 orang yang kemudian digunakan prosentase 10,08% dalam menentukan sampel sehingga didapat 54 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling, sedangkan data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk keterangan atau penjelasan yang diperoleh dari hasil pengisian kuisioner yang diberikan kepada mahasiswi Jurusan Manajemen STIE Malangkuçeçwara Malang. Data kualitatif yang terkumpul kemudian dilakukan pengujian terhadap hipotesis yang telah dibuat, dengan penggunaan program SPSS untuk memudahkan analisis statistik yang dipakai. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi berganda dan regresi berganda. Adapun analisis yang digunakan adalah (1) Korelasi berganda digunakan untuk mengukur keeratan hubungan antara peubah bebas secara keseluruhan terhadap peubah terikat, (2) Regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh perubahan nilai peubah bebas secara bersama-sama terhadap peubah terikat. Dari uji validitas dan uji reliabilitas dari item-item dalam semua peubah, semuanya menunjukkan validitas dan reliabilitas yang tinggi, dengan demikian item-item yang digunakan sebagai alat pengukur pada setiap peubah dalam penelitian ini layak digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan bebas dari masalah multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Di samping itu juga memenuhi asumsi normalitas. Hasil perhitungan korelasi berganda diketahui bahwa antara peubah kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), kepribadian (X3), motivasi (X4) dan persepsi (X5) dengan peubah keputusan pembelian produk (Y) mempunyai hubungan yang erat , hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi yang positif sebesar 0,733 dan nilai F hitung (11,116) yang lebih besar dari F tabel (2,37) maka dapat disimpulkan bahwa peubah-peubah kelas sosial, kelompok referensi, kepribadian, motivasi dan persepsi mempunyai hubungan yang bermakna (erat) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik. Dengan melihat hasil analisis regresi berganda ternyata di dapat t hitung masing-masing peubah bebas yang lebih besar dari tabel t tabel yang berarti bahwa peubah kelas sosial (X1), kelompok referensi (X2), kepribadian (X3), motivasi (X4) dan persepsi (X5) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) produk kosmetik. Hasil pengujian hipotesis II dengan alat analisis regresi berganda diketahui bahwa peubah bebas yang memiliki nilai koefisien regresi paling besar / paling dominan adalah peubah motivasi (X4) yaitu sebesar 0,261.

 

3.135.209.184